PENGUKURAN LITERASI STATISTIKA MAHASISWA ANGKATAN 2019 FMIPA UNSYIAH MENGGUNAKAN ITEM RESPONSE THEORY (IRT) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGUKURAN LITERASI STATISTIKA MAHASISWA ANGKATAN 2019 FMIPA UNSYIAH MENGGUNAKAN ITEM RESPONSE THEORY (IRT)


Pengarang

Ina Santigana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508108010008

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dalam menghadapi perkembangan zaman yang cepat, manusia dituntut memiliki pengetahuan literasi, salah satunya adalah literasi statistika. Literasi statistika adalah kemampuan dalam memahami dan menginterpretasikan data, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Pemahaman data dan informasi dapat diperoleh melalui pembelajaran di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemampuan dapat diketahui dengan melakukan pengukuran menggunakan metode Item Response Theory (IRT). Maka dilakukan penelitian dengan memberikan soal literasi statstika yang telah dirancang pada lulusan SMA terbaru, yaitu mahasiswa angkatan 2019 FMIPA Unsyiah dengan menggunakan metode IRT. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui model terbaik dan tingkat pemahaman literasi statistika mahasiswa angkatan 2019 FMIPA Unsyiah. Berdasarkan hasil pengujian pada 436 mahasiswa angkatan 2019 FMIPA Unsyiah, diperoleh hasil model 1PL dengan tingkat kesukaran -8 hingga 2.38, dan mengeliminasi 13 butir soal. Model 2PL memperoleh nilai daya beda -0.01 hingga 2.17, dan mengeliminasi 2 butir soal. Model 3PL memperoleh nilai tebakan semu 0,000 hingga 0.84, dan mengeliminasi 9 butir soal. model 2 parameter logistik merupakan model terbaik berdasarkan nilai AIC terkecil di antara model yang lain, yaitu sebesar 12995.1. Estimasi kemampuan dilakukan berdasarkan model 2PL dengan mengeliminasi butir soal 13 dan 19 karena mempunyai nilai daya beda yang bernilai negatif. Rata-rata kemampuan (?) mahasiswa angkatan 2019 FMIPA Usyiah adalah sebesar -0.0000707, median kemampuan responden(?) adalah 0.038. Nilai rata-rata bernilai negatif dan sangat dekat dengan nol (0), sementara, median benilai positif namun juga dekat dengan nol (0). Maka kedua statistik ini menyatakan kemampuan literasi statistika mahasiswa angkatan 2019 FMIPA Usyiah dalam menjawab soal literasi statistika adalah berada disekitar rata-rata.


Kata kunci: literasi statistika, Item response theory

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK