//

PENGARUH ARUS PASANG SURUT TERHADAP KONSENTRASI SEDIMEN MELAYANG DI LAGUNA GIGIENG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Didi Rosadi - Personal Name
SubjectSEDIMENTS - RIVER ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Berdasarkan bentuk morfologi Laguna Gigieng yang sempit dan dangkal menyebabkan sirkulasi air terbatas di perairan laguna ini. Sedimen melayang dan bahan pencemar yang diakibatkan oleh proses alam dan aktifitas manusia dapat menyebabkan degradasi kualitas perairan laguna dan menganggu usaha ekonomi nelayan. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh arus pasang surut terhadap konsentrasi sedimen melayang yang terjadi di perairan laguna. Melalui penelitian ini diharapkan penurunan kualitas air dapat diketahui dan dapat diantisipasi dengan cepat. Lokasi penelitian Laguna Gigieng ini berada di Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh arus oleh pasang surut terhadap konsentrasi sedimen melayang pada Laguna Gigieng, dimana keseimbangan sedimen melayang dapat memperlihatkan kualitas air di laguna. Ruang lingkup penelitian ini adalah menghitung Konsentrasi Sedimen Melayang (KSM) di tiga titik observasi pada laguna. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus empiris untuk menghitung sedimen melayang yang terjadi pada laguna dan analisis frekuensi data periodik menggunakan Discrete Fourier Transform (DFT). Jenis penyaringan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang merupakan frekuensi pasang surut adalah jenis Low Pass Filter (LPF). Dari hasil analisis data pada ketiga titik A, B dan C, maka arus pasang surut pada titik A dan titik C saja yang mempengaruhi Konsentrasi Sedimen Melayang (KSM). Hal ini karena nilai tegangan geser kritik sedimen dasar lebih kecil dari nilai tegangan geser akibat arus. Berdasarkan dari nilai KSM yang diperoleh dari ketiga titik observasi, maka nilai KSM melewati ambang batas yang sudah ditetapkan oleh Arizona Department of Environmental Quality (ADEQ), di mana Nilai ambang batas yang diberikan menurut ADEQ adalah 80 mg/L. Kata kunci: Pasang surut, KSM, Arus, DFT, LPF

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DISTRIBUSI SEDIMEN MELAYANG DI PERAIRAN KRUENG CUT KOTA BANDA ACEH (YUNI FADHLA, 2017)

SIRKULASI ARUS PASANG SURUT DENGAN SIMULASI NUMERIK DI LAGUNA ULEE LHEUE, BANDA ACEH (MOHD IQBAL GUMARA, 2017)

PENGARUH ARUS PASANG SURUT TERHADAP SEDIMEN MELAYANG DI SEKITAR TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR (Mumtaz Luthfi, 2017)

ANALISIS PROFIL SEDIMEN MELAYANG DI PERAIRAN MUARA KRUENG CUT, KOTA BANDA ACEH (Tommy Amarullah, 2017)

ANALISIS SPASIAL SEBARAN SEDIMEN MELAYANG BERDASARKAN PROFIL KEDALAMAN PERAIRAN DI DAS KRUENG CUT KOTA BANDA ACEH (ALFIN SURYADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy