ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI PISANG DI DESA LIMO KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI PISANG DI DESA LIMO KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

MULYA SAVITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0305102020078

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Mulya Savitri "Analisis Keuntungan Pada Usahatani Pisang di Desa Limo Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar". Dibawah bimbingan Ibu Dr. Ir. Evi Lisna M.Sc sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. Kadir Zailani M.P sebagai pembimbing anggota.


Adapun permasalahan dalam penelitian ini seberapa besar tingkat keuntungan yang akan diterima oleh petani pisang di Desa Limo Kecamatan Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di Desa Limo Kecamatan Indrapuri Aceh Besar. Objek dalam penelitian ini adalah petani pisang. Sedangkan ruang lingkup dalam penelitian ini berbatas pada persoalan yang menyangkut dengan analisis keuntungan pada usahatani pisang. Adapun tujuan untuk mengetahui besarn ya keuntungan yang diperoleh usahatani pisang di Desa Limo Kecam atan lndrapuri Aceh Besar.


Populasi dalam penelitian adalah seluruh petani yang melakukan usahatani pisang di Desa Limo Kecarnatan Indrapuri Aceh Besar. Jumlah Populasi Rumah Tangga yang membudiclayakan pisang ada 44 KK. Jumlah sampel yang diambil adalah 50 % dari jumlah populasi atau sebanyak 22 sampel Rumah Tangga.
Berdasark an penelitian yang telah penulis lakukan, maka clapat di tarik kesimpulan bahwa Rata- rata keuntungan usahatani dari buah pisang monyet Rp.665.454 per periode produksi, dari pisang barangan Rp.J .342.045 per periode produksi, dari pisang kepok Rp. 763.636 per periode produksi, daun pisang tua dari pisang monyet dan kepok Rp. 155.500,- per periode produksi. pucuk dari pisang monyet Rp. 108.500,- per periode produksi dan jantung pisang dari pisang monyet dan kepok Rp. 72.000,- per periode produksi. Rata-rata total keuntungan dari usahatani pisang adalah Rp. 2.688.942,- per periode produksi. Adapun saran yang dapat penulis berikan berdasarkan kesimpulan di atas yaitu agar tingkat keuntungan yang diperoleh selama ini tidak terjadi penurunan, maka pelaksanaan pembudidayaan secara baik dan efektif harus terus dilakukan sehingga mampu meningkatkan produktifitas usahatani pisang. Perlu adanya penelitian lanjutan tentang pemanfaatan batang pisang untuk pakan temak sehingga mempunyai alternatif tambahan nilai ekonomi bagi peningkatan keuntungan usahatani pisang. Perlu adanya industri pengolahan pisang dan perluasan pasar keluar daerah dalam upaya peningkatan keuntungan usahatani pisang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK