ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MEUREUDU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MEUREUDU


Pengarang

Muhammad Syafwan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

9751211209

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MUHAMMAD SYAFWAN Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Meureudu, dengan pembimbing Dr. Ir. Mustafa Usman, M.S sebagai pembimbing utama dan lr. Syarifah Lies Fuaidah, M. Si sebagai pembimbing kedua.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengarub luas lahan, pemupukan, pestisida dan tenaga terhadap produksi padi sawah dan untuk menganalisis pengaruh biaya sarana produksi, biaya tenaga kerja dan harga jual produksi terhadap pendapatan usahatani padi sawah.


Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan sengaja (Purposive Sampling) yang didasarkan berdasarkan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan salah satu sentra produksi padi di Kecamatan Pidie. Populasi dalam penelitian ini adalah para petani padi sawah yang tersebar pada 5 desa dari 49 desa yang tersebar di kecamatan Meureudu. Kelima desa tersebut yaitu Desa Rhing Mancang, Meuraksa, Rhing Blang, Mesjid Tuha dan Desa Meunasah Lhok.
Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh bahwa pengaruh luas lahan, pemupukan, pestisida dan tenaga kerja secara serempak berpengaruh nyata
terhadap produksi padi sawah pada tingkat kepercayaan 99% dimana Fg 88,695 dan Faa =2,46, berarti Fae > Fata. maka terima H tolak Ho. Artinya produksi padi sawah di Kecamatan Meureudu dipengaruhi oleh besamya luas lahan yang digarap, pemupukan, pestisida dan tenaga kerja Secara parsial pengaruh luas lahan, pemupukan dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi pada tingkat kepercayaan 99% dimana t 5,500 dan tae2,375,berarti tung > late, maka terima H, tolak Ho. Sedangkan pestisida tidak berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah dimana pada tingkat kepercayaan 99% t1,192dan ta1,655, artinya tn< lanai maka terima H; tolak Ho.

Selain itu, untuk mengetahui keeratan hubungan antara variabel bebas dengan vaaibel terikat, digunakan koefisien determinasi (R) dengan hasil yang diperoleh R' = 0,8123, artinya secara serempak semua variabel bebas mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel terikat sebesar 81, 23%,sedangkan
sisanya sebesar 18,77% dijelaskan oleh veriabel-variabel lain di luar model analiss. Elisiensi penggunaan faktor-faktor produksi dengan menggunakan kaidah "The Law OfDeminushung Return atau Kenaikan Hasil Yang Semakin Berkurang menggambarkan bahwa X (luas lahan ), X (pemupukan) dan X, (tenaga kerja) belum efisien dan masih perlu ditingkatkan lagi penggunaan faktor-faktor tersebut agar dapat mendatangkan produksi yang maksimum. Sedangkan untuk X, (pestisida), penggunaannya menunjuk.kan daerah yang semakin berkurang, sehingga penambahan pestisida menjadi tidak efisien terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Meureudu.



Berdasarkan hasil analisis terhadap pendapatan usahatani padi sawah dengan menggunakan model yang sama bahwa biaya sarana produksi, biaya tenaga kerja dan harga jual produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah. Hasil analisis diperoleh F=31.865 dan Fa=4,545 maka terima H tolak Ho artinya biaya sarana produksi, biaya tenaga kerja dan harga jual produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah.Keeratan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, digunakan koefisien determinasi (R')=0,5353, artinya bahwa secara bersama• sarna variabel bebas mampu rnenerangkan pengaruhn ya terhadap variabel terikat sebesar 53,53%, sedangkan sisanya sebesar 46,46% dipengaruhi oleh variabel• variabel lain di luar model analisis yang digunakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK