//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isbandi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: PBL, redoks, hasil belajar, aktivitas, tanggapan, miskonsepsi, sikap. Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Reaksi Redoks untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh TahunPelajaran 2013/2014”, tujuan penelitian ini untuk melihat aktivitas belajar siswa, hasil belajar, pemahaman konsep siswa, dan tanggapan siswa setelah pembelajaran materi Redoks dengan model PBL. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh kelas X-IA2, yang berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumentinstrumen seperti soal pilihan ganda untuk melihat hasil belajar yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Respon Index) untuk mengukur tingkat kepastian jawaban yang diberikan oleh siswa, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa dan angket disebarkan kepada siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Semua instrument yang digunakan terlebih dahulu dilakukan validitas. Hasil uji reliabilitas diperoleh sebesar 0,90, menunjukkan instrumen tersebut tingkat reliabilitasnya sangat baik. Hasil penelitian didapat yaitu; 89,98% siswa aktif dalam proses pembelajaran, 97,14% hasil belajar siswa tuntas, 76,42% siswa paham akan konsep, 18,21% siswa miskonsepsi, 5% siswa tidak paham konsep dan 0,35% siswa tergolong dalam lucky guess dan 100% sikap siswa konsisten serta 95,51% siswa memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL pada materi redoks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan yang posistif terhadap PBL serta siswa paham akan konsep redoks.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI REDOKS MELALUI PENERAPAN MODEL STAD BAGI SISWA KELAS XI-GAMBAR DI SMK NEGERI 2 LANGSA (JUNASIH, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN TANGGAPAN SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X-IA1 SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR (OFHI ZUQRAH HASIBUAN, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MAN MODEL BANDA ACEH KELAS X TAHUN AJARAN 2011/2012 (FATIMAHWATI, 2021)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Ita Juliana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy