ANALISIS PERANAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DALAM MEMBERDAYAKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PERANAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DALAM MEMBERDAYAKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nurul Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0211110073

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini membahas permasalahan tentang peranan lembaga keuangan mikro dalam memberdayakan UMKM di Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat peranan lembaga keuangan mikro dalam memberdayakan UMKM di Kota Banda Aceh dan mengetahui pengaruh pemberian kredit lembaga keuangan mikro terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota Banda Aceh yang memperoleh kredit dari lembaga keuangan mikro. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Untuk melihat peranan lernbaga keuangan mikro dalam memberdayakan UMKM di Kota Banda Aceh digunakan analisis deskriptif sedangkan untuk mengetahui pengaruh pemberian kredit lembaga keuangan mikro terhadap pendapatan UMKM di Kola Banda Aceh dianalisis dengan menggunakan model regresi linier sederhana.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga keuangan mikro berperan positif dalam memberdayakan UMKM di Kota Banda Aceh. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan estirnasi yaitu PUMKM= 0,970 + 0,858 KLKM. Hasil analisis regresi memperlihatkan bahwa koefisien korelasi (R) sebesar 0,904 dan koefisien determinasi (R) sebesar 0,818. Pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 20.977 > 1.960 hal ini berarti secara parsial pemberian kredit dari lembaga keuangan mikro berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh.


Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan kepada pengusaha UMKM di Kola Banda Aceh agar terus meningkatkan kinerjanya dan pemerintah daerah perlu membuat suatu kebijaksanaan yang mempermudah dalam perolehan modal usaha bagi sektor UMKM serta meningkatkan persentase modal yang diberikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK