ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT CV. MAKMUR TANI DI DESA SOAK PUNTONG KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT CV. MAKMUR TANI DI DESA SOAK PUNTONG KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA


Pengarang

Putri Rizkiyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102020044

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Putri Riz kiy ah, 2009 , Analisis Keuntungan Usaha Pembibitan Kelapa Sawit CV. Makm ur Tani Di Desa Suak Puntong Keca matan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Dibawah bimbingan Dr. Ir. Evi Lisna, M.Sc sebagai pembimbing utama dan Agustina Arida, SP, M.Si sebagai pembimbing kedua.


Permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa besar keuntungan usaha pembibitan kelapa sawit pada CV. Makmur Tani di Desa Suak. Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Dengan tujuan untuk menganalisis keuntungan usaha pembibitan kelapa sawit CV. Makmur Tani dengan menggunakan metode penelitian studi kasus (case study). Usaha pembibitan kelapa sawit CV. Makmur Tani di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya telah memberikan keuntungan sebesar Rp. 520.904.097 per tahun dengan nilai penjualan bibit kelapa sawit sebesar Rp. 1.440.000.000 per tahun dan biaya produksi usaha pembibitan kelapa sawit adalah sebesar Rp. 919.095.903 per tahun yang terdiri dari biaya sarana produksi, tenaga kerja dan biaya penyusutan peralatan. Perhitungan Return Cost Ratio diperoleh nilai 1,57, hal ini menunjukkan bahwa usaha pemibitan kelapa sawit CV. Makmur Tani menguntungkan dan dapat terus untuk dilanjutkan. Perhitungan Return On lnvesment (ROI) diperoleh nilai sebesar 56,7 % artinya bahwa dari Rp. 100,-modal yang ditanam maka akan diperoleh keuntungan sebesar Rp. 56,7,-. Untuk BEP volume produksi terjadi pada saat produksi 51.060 batang/tahun. Dan BEP harga produksi tercapai pada saat harga sebesar Rp. I I .489 /batang.

Disarankan kepada CV. Makmur Tani agar sebaiknya melakukan suatu promosi sehingga memperluas lokasi pasar, jadi konsumen yang membeli bibit kelapa sawit tidak hanya berasal dari dalam kabupaten saja tapi juga dari kabupaten lain, dan meningkatkan hasil produksi saJah satunya dengan cara melakukan perawatan bibit lebih maksimal sehingga dapat mengurangi jumlah bibit yang tidak layak tanam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK