ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA DENDENG IKAN TENGGIRI DI DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA DENDENG IKAN TENGGIRI DI DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Novera Jakfar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102020042

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Novera Jakfar "Analisis Keuntungan Usaha Dendeng Ikan Tenggiri di Desa Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Di bawah bimbingan Bapak Ir. Irwan A. Kadir, MP sebagai pembimbing utama dan Bapak Dr. lr. Agussabti, M.Si sebagai pembimbing kedua.


Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari usaha dendeng ikan tenggiri di Desa Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah usaha dendeng yang terbuat dari ikan tenggiri. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah penggunaan biaya dan manfaat, penggunaan biaya yang dimaksud adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan selama proses produksi dendeng ikan tenggiri berlangsung, sedangkan manfaat merupakan keuntungan dalam benru.k uang yang diperoleh dari usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case studi), karena metode ini mengungkapkan suatu kebenaran yang hanya menitik beratkan pada satu objek saja yaitu usaha produksi dendeng ikan tenggiri.


Berdasarkan hasil analisis data, maka keuntungan yang didapatkan dari usaha pembuatan dendeng ikan tenggiri di Desa Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh yaitu sebesar Rp 12.926.062,5/Bulan. Hasil perhitungan memperlihatkan nilai RC Ratio sebesar 1,59, nilai tersebut lebih besar dari satu (RC>l) maka usaha pembuatan dendeng ikan tenggiri di Desa Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh menguntungkan, yang berarti babwa setiap penambahan biaya sebesar satu satuan maka akan menambah penerimaan sebesar Rp 1,59. Hasil perhitungan Return Of Jnvesmenl (ROI) menunjukan bahwa kemampuan setiap rupiah biaya yang dikeluarkan dalam usaha pembuatan dendeng ikan tenggiri d.apat menghasilkan keuntungan sebesar 58,55 %.


Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu, untuk menjaga agar tingkat keuntungan yang diperoleh usaha pembuatan dendeng selalu tetap atau meningkat, maka pelaku usaha pembuatan dendeng harus lebih efisien dan tepat dalam penggunaan biaya produksi, jangan sampai terjadi pemborosan penggunaan biaya produksi yang nantinya akan mengurangi tingkat keuntungan yang telah diperoleh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK