ANALISIS KONTRIBUSI PENGHASILAN WANITA PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KONTRIBUSI PENGHASILAN WANITA PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA


Pengarang

Rahmah Caesary Nazir - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102010096

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rahmah Caesary Nazir "Analisis Kontribusi Penghasilan Wanita Pada CV. Usaha Gelora Tani di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Terhadap Pendapatan Rumah Tangga", di bawab bimbingan Bapak Ir. H. T. Makmur, M.Si selaku pembimbing utama dan Bapak Dr. Ir. Sofyan, M.Agric.Sc selaku pembimbing kedua.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya penghasilan dan kontribusi yang diberikan oleb wanita tani dan non tani pada CV. Usaha Gelora Tani di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar terhadap pendapatan rumab tangga. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) dengan roelakukan pengumpulan data melalui observasi (pengamatan) langsung ke lapangan, wawancara dengan responden serta pembagian kuisioner (daftar pertanyaan).



Penelitian ini dilakukan pada CV. Usaha Gelora Tani di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Alasan pemilihan lokasi tersebut karena selain menyerap sejwnlab tenaga kerja wanita, usaha ini juga telah berkembang dengan pesat khususnya di sektor pertanian yaitu clalam ha1 pembibitan tanaman hortikultura dan kehutanan. Objek penelitian ini adalah sejumlah tenaga kerja wanita pada CV. Usaha Gelora Tani di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, baik wanita tani maupun non tani yang bekerja secara part time atau full time worker. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada kontribusi penghasilan wanita baik yang berasal dari usaha utama ataupun usaha sampingan bagi pendapatan rumah tangganya.


Berdasarkan hasiJ penelitian dapat diketahui bahwa adanya perbedaan pendapatan antara rumah tangga tani dan non tani. Pada rumah tangga tani, sumber pendapatan yang diperoleh hanya terbatas pada usahatani padi sawah dan usahatani kacang tanah. Pada rumah tangga non tani, sumber pendapatan yang diperoleh hanya terbatas pada berdagang, bertukang dan beternak. Sedangkan CV. Usaha Gelora Tani merupakan sumber pendapatan bagi kedua rumah tangga yang disumbangkan oleh wanita dengan jumlah kontribusi dari wanita tani sebesar 28,83% dan dari non wanita tani sebesar 33,56%. Dengan demikian jelaslah bahwa kontribusi penghasilan dari CV. Usaha Gelora Tani yang diberikan oleh wanita tani lebih kecil daripada non tani terhadap rumah tangganya. CV. Usaha Gelora Tani di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar dapat dijadikan alternatif dalam hal meningkatkan pendapatan rumah tangga khususnya bagi masyarakat Lhoknga sendiri. Sehingga dengan banyaknya sumber pendapatan setiap rumah tangga mampu memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK