ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR


Pengarang

RAHMANIZA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0505102020033

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rahmaniza deogan judul skripsi "Analisis Keuntungan Peralihan Tanamam Jagung Manis ke Tanamam Pisang Barangan di Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar", dengan pembimbing utama Bapa.k Dr. Ir. Fajri Jakfar, M.Sc serta Ibu Cut Faradilla, SP, M.Si selaku pembimbiog kedua.


Adapun permasalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah apakah peralihan tanaman jagung manis ke pisang barangan menguntungkan bagi petani di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Ruang lingkup penelitian ini khususnya banya pada AnaJisis keuntungan peralihan tanaman jagung manis ke tanaman pisang barangan di Desa Saree Aceh Kecamatan Lembah Seulawah.
Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui keuntungan dari peralihan tanaman jagung manis ke tanaman pisang barangan yang dilakukan oleh para petani di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan petani yang terdapat di Desa Saree Aceh yang mengusahakan jagung manis kemudian beralih ke usahatani pisang barangan. Total populasi adalah 20 orang petani, sedangkan besarnya sampel yang diambil adalah 10 orang petani (50%) secara acak sederhana.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan peralihan yang dilakukan oleh petani di daerah penelitian dari usahatani jagung manis ke usahatani pisang barangan lebih menguntungkan bagi petani, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik t terhadap beda pendapatan per bulan dari usahataoi jagung manis dan barangan, dimana nilai tan adalah 7,558 (menerima hipotesis Ha). Besamya pendapatan bersih (keuntungan) per bulan pada usahatani pisang barangan Rp.2.804.1 S8 per bu Ian, untuk usahatani jagung manis Rp. 2.135.059 per bulan. Diharapkan penerapan peralihan tanaman dari satu jenis ke jenis lain, pada sebidang lahan, petani perlu mempertimbangkan pendapatan bersih usahatani (keuntungan) yang lebih tinggi per bulan seperti yang telah dilaksanakan oleh petani jagung manis ke pisang barangan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK