ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TAMBAK IKAN BANDENG (CHANOS -- CHANOS FORSKAL) POLA TRADISIONAL DAN POLA SEMI INTENSIF DI KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TAMBAK IKAN BANDENG (CHANOS -- CHANOS FORSKAL) POLA TRADISIONAL DAN POLA SEMI INTENSIF DI KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

Emilda Thahir - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0205102010024

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Emilda Thahir dengan judul skrips1 "Analisis Perbandingan Pendapatan Usaha Tambak Ikan Bandeng (Chanos -- chanos Forskal) Pola Tradisional Dan Pola Semi Intensif Di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, dengan pembimbing utama Bapak Ir.Azhar A Gani, M Sc. dan pembimbing Bapak Ir. T. Makmur, M Si


Permasalahan dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan pendapatan usaha tambak ikan bandeng pola tradisional dengan pola semi intensif di Desa Jangka Alue Bie Kecam atan Jangka Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan di Desa Jangka Alue Bie, Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.

Adapun tuyuan dalam penehtan imi untuk mengetahui perbedaan pendapatan usaha tambak ikan bandeng pola tradisional dengan pola semi intensif di Desa Jangka Alue Bie Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Adapun metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel berstrata (Stratified random sampling) dengan persentase jumiah sampel sebesar 20% untuk petambak yang memiliki usaha tambak berpola tradisional dan 20% petambak yang memihiki usaha tambak berpola semi intensif. Untuk menganalisis adanya pengaruh diolah dengan melihat adanya perbedaan pendapatan petambak ikan bandeng pola tradisional dengan pola semi intensif, digunakan uji t.


Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas maka dapat di tarik kesimpulan yaitu pendapatan petambak ikan bandeng yang menggunakan pola semi lebih besar dibandingkan dengan pendapatan petam bak yang menggunakan pola tradirstonal . Hal mana dapat dibuktkan dengan un t'Tiggmnya pendapatan yang diperoleh petambak ikan bandeng yang menggunakan pola semi mntensif karena besarnya kapastas tampung ikan dan sistem pengelolaan tambak yang sudah lebih baik dibandingkan pada pola tradisional, selain itu pada pola tradisional tidak terdapat pakan tambahan, sedangkan pada pola semi mntensif ikan bandeng memperoleh pakan tambahan yang dapat yang dapat membantu pertumbuhan ikan bandeng.



Diharapkan kepada para petambak untuk memilih sistem budidaya yang sesuai dengan daerah sehingga kondisi produksi penikanan darat yang dihasilkan lebih optimal. Selain itu Penggunaan sarana produksi yang tepat dapat membantu peningkatan produktivitas usaha tambak ikan tersebut Serta adanya upaya para petambak. untuk beralih ke jenis tambak yang lebih permanen dan lengkap yaitu dari tradisional ke tambak semi intensif dan dani semi intensif ke intensif Perlu adanya bantuan modal baik dari pemerintah berupa kredit maupun pmjaman dari Bank, dart instansi terkait seperti Dinas Perikanan, dan pihak swasta demi keberhasilan usaha tambak ikan bandeng khususnya di Kecamatan Jangka, Kabupaten Biruen.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK