//

KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATAN DAN NON KEPERAWATAN POLITEKNIK KESEHATAN DI ACEH TAHUN 2020

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Warnidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

PROGRAM MAGISTER KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN, UNIVERSITAS SYIAH KUALA Tesis, Agustus 2020 Eka Warnidar Kesejahteraan psikologis pada mahasiswa keperawatan dan non keperawatan politeknik kesehatan di aceh tahun 2020 98 halaman + 19 tabel + 1 gambar + 14 lampiran ABSTRAK Kesejahteraan psikologis merupakan komponen yang sangat penting dalam pelatihan dan pengembangan mahasiswa keperawatan, karena dapat meningkatkan produktifitas dan kesuksesan dalam kegiatan akademik dan pelatihan yang mereka lalui. Untuk menentukan intervensi yang tepat dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa, diperlukan bukti empiris tentang tingkat kesejahteraan psikologis beserta faktor-faktor yang berhubungan pada mahasiswa di Politeknik Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa keperawatan dan non keperawatan. Penelitian ini berdesain survey analitik dengan menggunakan pendekatan komparatif dan korelasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 924 responden. Kuesioner yang dipakai adalah Psychological Well-Being Scale Ryff, Rosenberg Self Esteem Scale, Satisfaction with Life Scale, Center for Epidemiologic Studies Depression Scale dan The Revised Cheek and Buss Shyness Scale. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesejahteraan psikologis secara signifikan antara keperawatan dan non keperawatan, serta antara masing-masing tingkat. Faktor hubungan sosial dan depresi terbukti paling dominan berkorelasi dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa non-keperawatan, sedangkan faktor harga diri, hubungan sosial dan depresi terbukti paling dominan berkorelasi dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini merekomendasikan perencanaan intervensi yang berbeda pada mahasiswa keperawatan dan non-keperawatan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka, dengan memperhatikan faktor-faktor dominan tersebut. Kata Kunci: Kesejahteraan psikologis, mahasiswa, keperawatan, non keperawatan, harga diri, kepuasan hidup, depresi, kesulitan hubungan sosial. Daftar pustaka: 34 (1987 -2019)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MENTAL HEALTH LITERACY DENGAN PEER GROUP STIGMA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Desri Maulizani, 2021)

HUBUNGAN PESAN PERINGATAN KESEHATAN PADA BUNGKUS ROKOK DENGAN KESADARAN KESEHATAN PEROKOK MAHASISWA KEDOKTERAN DAN ILMU KEPERAWATAN UNSYIAH (BUDI JANUARSYAH, 2016)

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI KEPERAWATAN RNBENCANA DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN RNFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA RNBANDA ACEH TAHUN 2013 (AINA JAMILATUN WARDYANI, 2014)

PERANCANGAN MODEL E-LEARNING PADA MATERI KEPERAWATAN BENCANA TERHADAP ANAK DI AKADEMI KEPERAWATAN TJOET NYA’ DHIEN BANDA ACEH (DEVIANA, 2014)

STUDI KOMPARASI SOSIAL STIGMA TERHADAP PENDERITA SKIZOFFRENIA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGAMBIL MATA KULIAH DAN PRAKTIK KEPERAWATAN JIWA (SRI MULIANTI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy