//

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP POLA INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA LABSCHOOL UNSYIAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irda Mailisa - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperatif, Integrated, Reading and Composition), Interaksi Siswa, Tes Hasil Belajar, Trigonometri. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative,Integrated, Reading and Composition) terhadap Pola Interaksi dan Hasil Belajar pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh” . Penelitian ini mengangkat masalah terhadap pola interaksi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh. Materi pada penelitian ini adalah trigonometri melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif, Integrated, Reading and Composition). Penelitian bertujuan mendeskripsikan pola interaksi siswa dan tes hasil belajar pada materi trigonometri kelas X semester kedua. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Labschool yang dibagi dalam bebrapa kelompok yang terdiri dari lima atau enam orang persatu kelompok. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi siswa yang terbentuk pada proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari pengamatan terhadap interaksi siswa dengan menggunakan lembar interaksi siswa serta tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pembelajaran matematika model kooperatif tipe CIRC ini, interaksi siswa dengan siswa yang lain maupun interaksi siswa dengan guru menjadi meningkat dan menyenangkan, dan pola umum yang diperoleh adalah sebagai berikut : a). SMS ( Siswa – Materi – Siswa ) , b).SMG ( Siswa – Materi – Guru ), c). SSO ( Siswa – Siswa tanpa membicarakan materi ), d). perpaduan antara pola melingkar dan pola guru – anak didik, anak didik – guru, anak didik – anak didik. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe CIRC pada materi trigonometri khususnya aturan sinus, aturan cosinus dan luas segitiga adalah tuntas secara klasikal yaitu sebanyak 86 % siswa memperoleh skor ≤ 65 dari skor total hasil tes.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN AJARAN 2013/2014 (Ulfiasari, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TIPE TPS PADA KELAS VII MTSN RUKOHRNKOTA BANDA ACEH (Syarifah Mawardiah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONRN(CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XIRNDI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (safriani, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy