//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PASCA KENAIKAN HARGA GABAH DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fifi Zuliany - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fifi Zuliany dengan Judul Skripsi "Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah Pasca Kenaikan Harga Gabah di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Pembimbing Utama Bapak Ir. Azhar A. Gani, M.Sc dan bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si Permasalahan dalam penelitian apakah pendapatan petani padi sawah sesudah kenaikan harga gabah lebih besar dibandingkan sebelum kenaikan harga gabah di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh besar, yang merupakan salah satu lumbung padi yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar. Penentuan daerah penelitian ini ditetapkan secara (Purposive sampling). Objek penelitian ini adalah petani padi sawah di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh besar. Ruang lingkup penelitian terbatas pada variabel biaya produksi, harga gabah kering giling (GKG), nilai produksi dan pendapatan usahatani padi sawah yang telah menghasilkan produksi dari usahataninya .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui besarnya perbedaan pendapatan petani padi sawah sebelum dan sesudah kenaikan harga gabah di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang mengusahakan usahatani padi sawah yang ada di Kecamatan Darul lmarah Kabupaten Aceh besar pada musim tanam 2007 - 2008 yang terdiri dari 3 desa yaitu Desa Leu - Ue, Punie clan Ule Tuy.Penentuan sam el dilakukan dengan teknik pengambilan sampel bertingkat (Stratified Random Sampling) ini dikarenakan keragaman petani yang homogen besarnya sampel 20% dari total populasi Kebijakan kenaikan harga gabah telah memberikan kesempatan kepada para petani untuk dapat meingkatkan pendapatan usahatani padi sawah mereka, hal ini dapat dilihat adanya peningkatan pendapatan petani padi sawah antara sebelum dan sesudah kebijakan kenaikan harga gabah sebesar Rp. 554.390,- per petani per MT .Dalam kondisi ini diharapkan para petani dapat meningkatkan produktivitas usahatani padi sawah sehingga besarnya pendapatan yang diterima dapat ditingkatkan, selain itu intensifkiasi yang menguntungkan petani agar dapat ditingkatkan lagi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA) (Mutia Sari, 2021)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI USAHA TANI PADI DAN KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Syarifah Urza, 2020)

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI DESA TANJUNG HAGU KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Sri Wahyuni Mursinah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy