//

EFEKTIVITAS METODE EDUKASI TEAM BASED LEARNING TERHADAP PERILAKU PROMOSI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI PESANTREN MODERN KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARIA ULFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu pendidikan kesehatan yang direkomendasikan untuk meningkatkan perilaku promosi kesehatan reproduksi remaja menggunakan metode edukasi Team Based Learning. Namun belum ditemukan banyak bukti terkait keberhasilan Team Based Learning pada remaja di Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan metode edukasi Team Based Learning terhadap determinan perilaku promosi kesehatan reproduksi remaja di Pesantren Modern Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan melibatkan 110 responden yang terbagi dalam dua group (kelompok kontrol dan kelompok intervensi) yang dipilih dengan teknik stratified random sampling pada dua pesantren yang berbeda. Intervensi metode edukasi Team Based Learning dilakukan selama dua minggu pada kelompok intervensi, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan pendidikan kesehatan reproduksi setelah posttest berlangsung. Data dikumpulkan dengan Kuesioner Promosi Kesehatan Reproduksi (self-administered questionnaire) dan diolah menggunakan program R. Hasil analisa menunjukkan bahwa metode edukasi Team Based Learning efektif terhadap faktor personal (.000), persepsi manfaat (.000), persepsi hambatan (.000), self efficasy (.000), penghargaan (.000), pengaruh interpersonal (.000), pengaruh situasional (.000), minat (.000), kesadaran untuk bertindak (.000), kekuatan individu (.000), pemberdayaan (.008), partisipasi (.009), kontrol (.006), perawatan kebersihan alat genetalia (.000), penanganan masalah haid (.000), dan mendeteksi masalah penyakit kelamin (.000). Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan metode Team Based Learning efektif dapat diterapkan untuk meningkatkan promosi kesehatan reproduksi remaja di Pesantren Modern Kabupaten Aceh Besar. Dengan demikian direkomendasikan pada Pesantren, perawat Puskesmas, dan dinas terkait untuk menjadikan pendidikan kesehatan menggunakan metode Team Based Learning sebagai salah satu alternatif intervensi dalam meningkatkan perilaku kesehatan reproduksi remaja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEMELIHARAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (MUTIA FITRI, 2018)

HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI DENGAN PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA RNDI SMA NEGERI BANDA (Asriyana, 2014)

PENGARUH KOMUNIKASI INFORMASI EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN 2017 (Ria Wanira, 2017)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mazra Ulfa Ardiani, 2015)

PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI(SUATU PENELITIAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KUTACANE, ACEH TENGGARA) (Cut Raysha Seketi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy