//

PEMANFAATAN TANAMAN PESISIR BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) SEBAGAI BIOSORBEN ION LOGAM CU(II)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASMAUL HUSNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Batang biduri (Calotropis gigantea) berpotensi untuk dijadikan biosorben untuk menyerap ion logam Cu(II). Pada penelitian ini, biosorbent dari serbuk batang biduri diaktifkan dengan cara fisika, dan hasil analisa SEM menunjukkan bahwa terdapat pori-pori yang berpotensi untuk tempat terjadinya proses adsorpsi ion logam Cu(II). Isoterm adsorpsi ion logam Cu(II) pada biosorben tersebut sesuai dengan model Freundlich dengan nilai R2 0,9909 dengan nilai konstanta intensitas yaitu 0,866 dan nilai konstanta volume pori yaitu1,058 L/mg. Hal ini menunjukkan bahwa penyerapan secara fisika terjadi lebih besar dibandingkan dengan penyerapan secara kimia. Ion logam Cu(II) teradsorpsi oleh biosorben batang biduri dengan kapasitas maksimum yaitu 53,46 mg/g pada kondisi konsentrasi awal ion logam Cu(II) 567,47 mg/L, ukuran adsorben A< 230 mesh, dosis 1 gram, suhu 27 oC, pH 5, dan waktu kontak 60 menit. Adsorpsi ion logam Cu(II) mengikuti kinetika adsorpsi orde II dengan nilai R2 0,99, kapasitas adsorpsi maksimum pada 54,34 mg/g dengan laju adsorpsi konstan pada 0,012 g/mg.menit pada suhu 27oC dan pH 5. Aplikasi biosorben pada limbah cair bekas tambang di desa Jantang Kecamatan Lhoong, Aceh Besar dengan konsentrasi awal ion logam Cu(II) 389,31 mg/L menghasilkan kapasitas adsorpsi sebesar 37,52 mg/g dengan efisiensi penyerapan 66,13 %. Kata kunci: Batang Biduri (Calotropis Gigantea), Adsorpsi, Logam Cu2+, Isoterm, Langmuir dan Freundlich, Kinetika Adsorpsi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS ATCC 33277 (Novita Putri Ranggaswuni, 2019)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS ATCC 29523 (MAYA PUTRI SINDA, 2019)

PENGARUH PENGAPLIKASIAN PELET GETAH BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK SECARA KLINIS DAN HISTOPATOLOGI PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Muhammad Abzar Ghifahri, 2013)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL GETAH BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA L.) TERHADAP ENTEROCOCCUS FAECALIS (Siti Karina Dewi, 2015)

APLIKASI HERBISIDA GLIFOSAT DAN PARAQUAT PADA BERBAGAI D0S1S SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA R. BR) (ROSLINA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy