//

POLA ASUH ORANGTUA DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 7 KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKY RAHAYU - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Pola Asuh Orangtua dalam Pengembangan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Negeri 7 Kota Sabang” ini mengangkat masalah bagaimana pola asuh orangtua dalam pengembangan kemandirian anak usia dini di TK Negeri 7 Kota Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orangtua dalam pengembangan kemandirian anak usia dini di TK Negeri 7 Kota Sabang. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah 2 orang ayah, 2 orang ibu, 2 guru dan 2 orang objek. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat studi kasus dan dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berupa pengungkapan data apa adanya melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pola asuh orangtua dalam pengembangan kemandirian anak, pola asuh orangtua cukup beragam yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Berdasarkan hasil penelitian ini orangtua menggunakan pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Hasil penelitian bahwa pola asuh demokratis, orangtua ini lebih cenderung memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi dengan pengawasan yang baik dari orangtua sehingga anak memiliki karakter yang positif terutama dalam hal kemandirian dan tanggung jawab. Kemudian pola asuh permisif ini, orangtua sering membiarkan anak jika melakukan kesalahan, orangtua tidak menetapkan aturan kepada anak. Hal ini disebabkan karena orangtua terlalu memanjakan anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN REMAJA (cut Ernaliza, 2021)

POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI KABUPATEN BENER MERIAH (LISTIANDARI, 2019)

INTERAKSI DAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI YAYASAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Vera Jannati Talsyah, 2019)

POLA PENDIDIKAN ANAK DISABILITAS DI SDLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE (Khairuni, 2019)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA BANDA ACEH (Andara Gemasih, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy