PERBANDINGAN KONTRIBUSI USAHA TANI PADI DAN KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN KONTRIBUSI USAHA TANI PADI DAN KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

Syarifah Urza - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0505102010135

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Syarifah urza dengan judul skripsi, "Perbandingan Kontribusi Usahatani Padi Sawah dan Kedelai Terhadap Pendapatan Petani Di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya", di bawah bimbimngan utama Bapak DR. Ir. Agussabti, M.Si dan Bapak Ir. Azhar A. Gani. M.Sc.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kontribusi usahatani padi sawah dan kedelai terhadap pendapatan petani di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Objek dari penelitian ini adalah petani padi sawah yang juga melakukan penanaman kedelai sebagai tanaman pergiliran (rotasi). Besarnya sampel yang diambil adalah 25% dari keseluruhan petani padi dan kedelai yaitu sebesar 30 sampel, dengan teknik pengambilan sampel secara sengaja (Purposive Sampling).


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dari perbandingan kontribusi usahatani padi dan kedelai terhadap pendapatan petani di Kecam atan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya adalah bahwa kontribusi pendapatan petani terbesar adaJah usahatani kedelai yaitu sebesar Rp13.393.729 atau 64%, sedangkan pendapatan usahatani padi yaitu sebesar Rp jika dibandingkan dengan pendapatan usahatani padi sawah yaitu Rp 7.542.448 atau 36%. Hal ini dilihat dari harga jual kedelai yang lebih tinggi yaitu Rp 6.000/kg, sedangkan harga jual sawab Rp 3.000/kg. Sehingga pendapatan usahatani kedelai memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan petani di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK