//

ANALISIS KOMPARATIF PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PADA LAHAN BERIGASI TEKNIS DAN SETENGAH TEKNIS DI DESA SANGGET KECAMATAN GEULUMPANG BARO KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siswardi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Siswardi dengan judul skripsi "Analisis Komparatif Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Pada Lahan Beririgasi Teknis Dan Setengah Teknis Di Desa Sangget Kecamatan Geulumpang Baro Kabupaten Pidie", dengan pembimbing utama Bapak Ir. T. Makmur. M.Si dan lbu Ora. Ellyza Zulkitli sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara pendapatan petani padi sawah yang ada pada lahan Irigasi Teknis dan Pada Lahan lrigasi Setengah Teknis di Desa Sangget Kecamatan Geulumpang Baro Kabupaten Pidie. Penelitian ini di lakukan di Desa Sangget Kecamatan Geulumpang Baro Kabupaten Pidie. Penentuan lokasi penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa di daerah tersebut merupakan wilayah yang paling banyak terdapat usahatani padi sawah. Objek penelitian ini adaJah petani padi sawah yang ada pada lahan Irigasi Teknis dan petani padi sawah pada lahan lrigasi Setengah Teknis. Ruanag lingkup penelitian ini dibatasi hanya pada produksi dan pendapatan yang di peroleh pada petani yang ada pada lahan lrigasi Teknis di Desa Sangget Kecamatan Geulumpang Baro Kabupaten Pidie. Untuk menganalisis adanya pengaruh di olah dengan melihat adanya perbedaan pendapatan petani padi sawah yang ada pada Irigasi Teknis, digunakan uji t. Pendapatan petani padi sawah yang ada pada lahan Irigasi Teknis lebih besar dibandingkan dengan pendapatan petani padi sawah yang ada Irigasi Setengah Teknis. Hal ini dapat di buktikan dengan uji t. Tingginya pendapatan yang diperoleh petani padi sawah yang ada pada lahan lrigasi Teknis karena lrigasi yang digunakan oleh para petani untuk memaksimalkan usahatani,sehingga produksi yang di hasilkan jauh lebih besar dibandingkan petani yang ada pada lahan lrigasi setengah Teknis. Adapun saran-saran yang dapat di berikan kepada para Petani agar dapat menjaga dan menggunakan irigasi yang sudah ada dengan sebaik-baiknya sehingga hasil usahatani padi sawah yang di usahakan akan memperoleh hasil yang semaksimal mungkin. Sedangkan kepada pemerintah di harapkan mampu untuk membangaun irigasi-irigasi teknis pada lahan yang masih menggunakan lrigasi setengah teknis sehingga tidak menyulitkan petani dalam mengatur dan mengukur keperluan air untuk keberlangsungan usahatani nya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DENGAN DAN TANPA IRIGASI DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Eka Nova, 2021)

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI DESA TANJUNG HAGU KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Sri Wahyuni Mursinah, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN TADAH HUJAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEHBESAR (Salman, 2021)

PENGARUH FAKTOR PRODUKSI LUAS LAHAN,BIAYA PRODUKSI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH HIBRIDA ARIZE HIBRINDOR-1 DI KECAMATAN KUTA BARO ACEH BESAR (Mahyuddin, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy