//

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG DI KEBUN PERCOBAAN PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Darmaliza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nurul Darmaliza Analisis Keuntungan Usahatani Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum) Dengan Menggunakan Pupuk Kandang Di Kebun Percobaan Petanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh" Dengan dosen pembimbing Ir Nasrun Djuned sebagai pembimbing utama dan Agustina Arida S.P, M.Si, sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keuntungan usahatani tanaman bawang merah dengan menggunakan pupuk kandang yang dapat memberikan keuntungan maksimum. Tanaman sayuran organik merupakan tanaman sayuran yang pemeliharaannya menggunakan pupuk kandang tanpa penggunaan pestisida dan insektisida, bahaya penggunaan bahan kimia yang tidak aman bagi kesehatan tubuh manusia, dapat menyebabkan penyakit kulit, sesak nafas dan kanker sebingga dalam penelitian ini peneliti menggunakan pupuk kandang yang berfungsi sebagai penambah bahan organik didalam tanah dan juga sebagai pendukung terwujudnya pertanian organik, yaitu pola pertanian yang bebas dari penggunaan bahan kimia, mulai dari perlakuan penanaman sampai dengan panen.Dalam penelitian ini, pupuk yang digunakan hanya satu macam yaitu pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi padat. Penggunaan pemakaian dosis dilakukan sebanyak 14 perlakuan, perlakuan pertama (1) diberi pupuk kandang sebanyak. 4 kg/m2 dan pada perlakuan seterusnya terjadi penambahan sebanyak 0,5 kg/m2 sehingga pada perlakuan 14 pupuk kandang yang digunakan mencapai 10,5 kg/m2. Selain masalah teknis penanaman, perlu dilakukan analisis Keuntungan untuk melihat berapa keuntungan yang diperoleh dari usahatani tanaman bawang merah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen yaitu observasi di bawah kondisi buatan, dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang bertujuan untuk menganalisis dosis penggunaan pupuk kandang yang dapat memberikan keuntungan. Data yang akan diperoleh adalah berat rata-rata dari 3 blok (ulangan) dari tiap perlakuan, penelitian ini dilakukan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, yang letak arealnya di desa Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.Model analisis yang digunakan adalah fungsi produksi Cobb Douglas Y=aXb fungsi keuntungan n =Hy Y -(Hx.X + C).Dari analisis data diperoleh bentuk fungsi produksi Y = 0,57 0,3 koefisien regresi yang sekaligus menunjukkan besaran elastisitas produksi (Ep) adalah 0,3, elastisitas produksi ini terletak pada daerah II, yang juga disebut daerah rasional. pada daerah ini dapat dianalisis keuntungan maksimum. Keuntungan yang di peroleh dan usahatani bawang merah yaitu sebesar Rp.2.047,27/m2 menghasilkan produksi bawang merah sebanyak 1,075 kg/m2 dengan harga Rp 13.000kg. penggunaan pupuk kandang sebanyak 8,401 kg/m2 dengan harga pupuk kandang Rp.500kg.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa keuntungan maksimum berada pada sekitar pemakaian pupuk kandang sebesar 6,5 kg atau antara 6-8 adalah benar sehingga hipotesis yang diturunkan dapat diterima.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Nuni afrina, 2021)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG (ALLIUM ASCALONICUM L.)SEBAGAI EFEK PEMBERIAN PUPUK KOMPOS KIRINYUH (CHROMOLENA ODORAT) DAN PUPUK NPK (syarfianda, 2015)

PENGARUH VARIETAS DAN JENIS PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Bayhaqqi, 2013)

ANALISIS KEUNTUN GAN USAHATANI TANAMAN BAWANG MERAH DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG (PERCOBAAN DALAM POLIBAG) (EKA SAFRINY, 2020)

PENGARUH JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Risqan Fitrah Manik, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy