//

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR KOMODITI BERAS DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hardiansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul " Analisis Faktor yang Mempengaruhi Impor Komoditi Beras di Indonesia", Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu berapa besar pengaruh faktor kurs, produksi, konsumsi dan harga terhadap impor komoditi beras di Indonesia tahun 1997-20062? Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk (Time Series) dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2006. Data yang digunakan meliputi variabel kurs, konsumsi, produksi dan harga. Semua data tersebut diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Bulog, Disperindag Nanggroe Aceh Darussalam, Bank Indonesia dan kantor-kantor lainnya serta dari berbagai sumber dan literatur lain yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian menunjukan babwa nilai impor beras indonesia mengalami penurunan. Hasil estimasi menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini terlihat dari pengujian secara parsial, daari empat variabel yang diambil hanya variabel kurs yang tidak signifikan terhadap nilai impor beras di Indonesia. Hal ini disebabkan karena untuk memenuhi kebutuhan beras dalam negeri maka kurs tidak terlalu diperhatikan. Statistik uji F (F-test), dari hasil estimasi menunjukkan secara keseluruhan variabel kurs, konsumsi, produksi dan harga berpengaruh positif terhadap nilai impor komoditi beras. Sedangkan uji T (t-test) variabael konsumsi, produksi dan harga berpengaruh positif terhadap impor beras di Indonesia .. Koefesien determinan (R2) sebesar 87,1 artinya variabel bebas yang terdiri dari kurs, konsumsi, produksi dan harga mempengarauhi impor komoditi beras sebesar 87,1 persen dan sisanya sebesar 12,9 persen dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini.Dalam penelitian ini hanya ada empat variabel yang menentukan nilai impor beras di Indonesia yaitu kurs, konsumsi, produksi dan harga. Padahal secara teoritis terdapat variabel lain.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR KOMODITI BERAS DI INDONESIA (Hardiansyah, 2020)

DETERMINAN KETERGANTUNGAN IMPOR BERAS DI INDONESIA (Sahrul Paipan, 2019)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR BERAS DI INDONESIA (Nurfiani Syamsuddin, 2013)

ANALISIS KOINTEGRASI ANTARA PRODUKSI BERAS DAN CADANGAN DEVISA DENGAN IMPOR BERAS DI INDONESIA (ANGGUN PANCA APRILIA, 2020)

PENGARUH PRODUKSI BERAS, HARGA BERAS DALAM NEGERI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP IMPOR BERAS DI INDONESIA (DESI ARMAINI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy