//

ANALISIS POTENSI NILAI EKONOMI SEKAM PADI DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS DI KILANG PADI GUNUNG MAS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REYSITA HARMEYDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Limbah Sekam padi merupakan permasalahan klasik hampir di semua usaha penggilingan padi, tidak terkecuali di Kabupaten Aceh Tamiang. Penanganan limbah sekam yang tepat tidak banya akan menghilangkan permasalahan, tapi juga dapat memberikan nilai ekonomis. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji potensi nilai ekonomi sekam padi di Kabupaten Aceh Tamiang yang merujuk pada pengolahan sekam di Kilang padi Gunung Mas. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif. Pada model anaLisis menggunakan rumus nilai tambah ekonomi NTb = Na -Ba = Na ( Bb + BP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi sampah di Kabupaten aceh Tamiang sangat besar. Nilai tambah produk sekam padi yang dihasilkan dari proses pasca produksi pada penggilingan padi Gunung Mas adalah sebesar Rp. 15,054,042 dari tiga produk olahan yang ada untuk hasil produksi selama satu bulan dan potensi nilai ekonomi sekam padi yang dimiliki Aceh Tamiaag adalah sebesar Rp. 69,091,648,036,000 per tahun untuk tiga macam produk olahan sekarn padi yaitu briket, penjernih air dan media tanarn. Kata Kunci: Limbah Sekam Padi, Potensi Nilai Ekonomi, Sekam Padi, Sekam Olahan, Kilang Padi Gunung Mas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN JARINGAN PASOK DAN NILAI TAMBAH EKONOMI (EVA) GABAH PADA KILANG PADI “AA” DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Miftahul Rauzah, 2015)

TINGKAT PENDAPATAN USAHA KILANG PADI DI GAMPONG COT YANG KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR. (Salwati.AR, 2016)

ANALISIS VALUE CHAIN KILANG PADI DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (M. Ray Andrea Iskandar, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN PENGUSAHA KILANG PADI KELILING DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Ansaria, 2018)

UJI KARAKTERISTIK BETON ASPAL (AC–BC) MENGGUNAKAN AGREGAT BASALT (STUDI KASUS : SUBTITUSI PORTLAND CEMENT RNDAN ABU SEKAM) (Teuku Irwansyah Putra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy