//

DETEKSI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING BURGER PENJUAL KAKI LIMA DI DESA KOPELMA DARUSSALAM DAN RESTORAN CEPAT SAJI DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bunga Fatimah Ademi - Personal Name
SubjectESCHERICHIA COLI-MEDICINE
MEAT BURGER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan membandingkan tingkat cemaran Escherichia coli pada daging burger yang dijual di kaki lima di Desa Kopelma Darussalam dan restoran cepat saji di Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode Most Probable Number (MPN) yang terdiri dari tes perkiraan (Presumptive Test), tes penegasan (Confirmative Test) dan tes pelengkap (Completed Test). Sampel penelitian ini adalah daging burger dari 5 penjual burger kaki lima di Desa Kopelma Darussalam dan daging burger dari 5 restoran cepat saji di Banda Aceh dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Pengambilan sampel dilakukan tiga kali dengan interval waktu 1 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengambilan pertama didapatkan cemaran E. coli pada 40% sampel daging burger penjual kaki lima dan 60% sampel daging burger restoran cepat saji. Pada pengambilan kedua diperoleh 100% sampel daging burger penjual kaki lima dan sampel daging burger restoran cepat saji tercemar E. coli. Pada pengambilan ketiga didapatkan 100% sampel daging burger penjual kaki lima dan 80% sampel daging burger restoran cepat saji tercemar E. coli. Hasil positif pada sampel yang diperoleh tidak memenuhi syarat berdasarkan Kepmenkes RI No. 1098/Menkes/SK/VII/2003. Nilai rata-rata MPN E. coli pada sampel daging burger penjual kaki lima lebih tinggi dibandingkan dengan sampel daging burger restoran cepat saji. Kata Kunci: Escherichia coli, daging burger, penjual burger kaki lima, restoran cepat saji, Most Probable Number

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

CEMARAN SALMONELLA SP PADA DAGING BURGER PEDAGANG KAKI LIMA DI KECAMATAN SYIAH KUALA (NESDA MUSTIKA, 2019)

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH (Dwi Rosa Selfiana, 2017)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA TANGAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (PANI NOVELIANI LUBIS, 2020)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI TIGA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (ERMA YUSINTHA RAMDHANIA, 2020)

PERBANDINGAN RISIKO CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP. PADA ABDOMEN AYAM DAN ALAS KANDANG SEBAGAI INDIKATOR SANIASI KANDANG. (PUTI RATU LOEMAYANG, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy