//

PERAN PEREMPUAN TERHADAP EKONOMI RUMAH TANGGA NELAYAN DI GAMPONG PUSONG BARU KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Moreza Eka Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Moreza Eka Putra dengan judul skripsi "Peran Perempuan Terhadap Ekonomi Rumah Tangga Nelayan di Gampong Pusoog Baru Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe", di bawah bimbingan Ibu Dr. Ir. Suyanti Kasimin, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Dr. Ir. Indra, M.P sebagai pembimbing kedua. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu melihat bagaimana curahan waktu kerja para perempuan nelayan, seberapa besar kontribusi perempuan terhadap pendapatan rumah tangga nelayan, dan faktor-faktor apa saja yang mendorong para perempuan nelayan untuk mencari nafkah. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Pusong Baru Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, yang merupakan salah satu daerah yang mayoritas penduduknya dari kalangan nelayan yang sebagian besar para perempuan juga bekerja membantu perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana curahan waktu kerja para perempuan nelayan, besarnya kontribusi perempuan terhadap pendapatan rumah tangga nelayan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong para perempuan untuk mencari nafkah. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara (Cluster Random Sampling) besarnya sampel 5% dari total populasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kerja perempuan nelayan yang paling tinggi yaitu pada pekerjaan domestik yaitu 13,1%, pekerjaan sosial 5,6% dasar sebesar 53, 1 % dan 28,2% untuk mencari nafkah.Besarnya kontribusi pendapatan yang diterima oleh rumah tangga yaitu rata-rata yaitu mencapai Rp. 1.259.205,- per bulan dimana terdapat tiga sumber yaitu dari kontribusi pendapatan dari suami sebesar Rp. 677.727,- per bulan, kontribusi istri sebesar Rp. 447.273,- dan sisanya adalah kontribusi anggota keluarga lainnya sebesar Rp. 102.841,- perbulan.Faktor-faktor yang mendorong perempuan nelayan dalam bekerja mencari nafkah dapat dilihat dari 2 motif yaitu motif ekonomi yang dilihat dari faktor pendapatan suami yang kurang membuat para istri termotivasi untuk bekerja menambah penghasilan keluarga, dimana dalam pengambilan keputusan rata-rata pola penggunaan uang diputuskan secara bersama, sedangkan dilihat dari motif sosial bahwa dukungan suami terhadap pihak perempuan cukup besar yaitu dengan mendukung para istri untuk bekerja membantu ekonomi keluarga dan besamya dukungan teman/tetangga membuat para istri lebih semangat bekerja dalam mencari nafkah. Walaupun kontribusi perempuan dalam ekonomi keluarga lebih kecil dibandingkan dengan kontribusi pria dalam ekonomi keluarga, sebaiknya jangan menimbulkan perbedaan pendapat serta digunakan secara efektif dan efesien seperti suami ada usaha dapat diberikan modal apabila pendapatan lebih atau digunakan sebagai tabungan hingga suatu hari nanti. Selain itu sebaliknya para perempuan juga mencoba mecari keterampilan lain sehingga akan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PENGELUARAN KELUARGA MISKIN NELAYAN DI DESA PUSONG BARU KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Mirza, 2021)

PERAN PEREMPUAN TERHADAP EKONOMI RUMAH TANGGA NELAYAN DI GAMPONG PUSONG BARU KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Moreza Eka Putra, 2020)

ANALISIS PERUBAHAN GARIS PANTAI PUSONG KOTA LHOKSEUMAWE PROVINSI ACEH TAHUN 2005-2014 MENGGUNAKAN DATA PENGINDERAAN JAUH (NOVITA YUNI, 2015)

PERAN GANDA ISTRI NELAYAN GAMPONG LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Lidya Laraswati D.Iskandar, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 –12 BULAN DI GAMPONG TEUMPOK TEUNGOH KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Jauharah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy