//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB RNLABUI KECAMATAN BAITURRAHMANRNKOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Inka Adera - Personal Name
SubjectMENTAL RETARDATION - MEDICINE
PHASES OF MOURNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA SKRIPSI 24 Juni 2013 xii + VI Bab + 79 halaman + 11 tabel + 1 skema + 16 lampiran INKA ADERA NIM. 0907101020032 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI LABUI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Retardasi mental merupakan gangguan yang tampak sejak masa anak-anak dalam bentuk fungsi intelektual dan adaptasi yang secara signifikan berada dibawah rata-rata. Anak retardasi mental memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya. Orang tua menjadi sosok penting yang memberi kontribusi besar dalam pengembangan potensi anak. Namun, ada keluarga yang kurang peka terhadap potensi anak sehingga tidak melakukan kegiatan yang mendukung pengembangan potensi anak yang mengalami retardasi mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku keluarga dalam pengembangan potensi anak retardasi mental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga yang memiliki anak retardasi mental yang merupakan siswa SDLB Labui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dan cara pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Maret s/d 20 April 2013 terhadap 71 keluarga yang memiliki anak retardasi mental. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terpimpin dengan alat ukur berupa kuesioner dalam bentuk skala dichotomy choise dan skala likert. Hasil analisa menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku keluarga dalam pengembangan potensi anak retardasi mental (P-value 0,094), terdapat hubungan antara kepercayaan dengan perilaku keluarga (P-value 0,209), terdapat hubungan antara ketersediaan fasilitas dengan perilaku keluarga (P-value 0,015), terdapat hubungan antara penghargaan dengan perilaku keluarga (P-value 0,209). Saran bagi sekolah agar dapat memberikan dukungan dan kerjasama yang lebih optimal kepada keluarga untuk dapat meningkatkan partisipasi keluarga dalam pengembangan potensi anak retardasi mental. Kata Kunci : Keluarga, Perilaku, Retardasi mental, Pengembangan potensi Daftar Pustaka : 41 buku, 2 skripsi dan 5 artikel internet (1995-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN KELUARGA DALAM MEMANDIRIKAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH (TIARA AYU, 2016)

GAMBARAN KONSEP DIRI ORANG TUA DENGAN ANAK PENYANDANG CACAT MENTAL DI SDLB LABUI BANDA ACEH TAHUN 2016 (SAZLI, 2016)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK DISABILITAS MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH (MAULIZA, 2016)

UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH (DEBY WULANDARI, 2018)

ANALISIS FAKTOR KELUARGA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR (NURUL SEPTIANA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy