//

ANALISIS PEMASARAN BERAS DAN PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Devi Susanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Devi susanti dengan Judul Skripsi "Analisis Pemasaran Beras Dan Pendapatan Petani Di Kecamatan Ingin jaya Kabupaten Aceh Besar, dengan Pembimbing Utama Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si dan pembimbing kedua Bapak Dr. Ir. Sofyan, M.Agric Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah pendapatan yang diperoleh petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar menguntungkan, dan seberapa besar margin pada pedagang beras di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Dengan ruang lingkup penelitian terbatas pada variabel biaya produksi, luas lahan, nilai produksi dan keuntungan usahatani padi sawah yang telah menghasilkan produksi dari usahataninya. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah petani yang mengusahakan tanaman padi sawah yang berdomisili di Kecamatan lngin jaya Aceh besar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat keuntungan yang diperoieh petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui besar margin pedagang beras di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang mengusahakan usahatani padi sawah yang ada di Kecamatan Ingin Jaya yaitu sebanyak 204 KK. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Simple random sampling) Besarnya sampel yang diambil sebagai analisis terkecil adalah 20 persen dari jumlah petani yang ada di desa sampel Pendapatan yang diterima petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya sudah menguntungkan, hal ini dapat dilihat perolehan R/C sebesar 3,28 serta besarnya pendapatan usahatani padi sawah di daerah penelitian adalah Rp 15.031.390 per Ha per MT. Besarnya margin pemasaran yang diterima oleh pedagang beras lebih besar daripada biaya pemasaran beras, hal ini dapat dilihat pada saluran tipe I, petani menjual lansung ke konsumen dengan harga Rp.3.000 per Kg. Pada saluran pemasaran tipe II, Petani menjual kepada pedagang pegumpul sebesar Rp. 4.000 per kg, pedagang pengumpu1 menjual kepada pedagang pengecer sebesar Rp.4.500 per kg, sedangkan pedagang pengecer menjual ke konsumen sebesar Rp. 5.000 per kg.Pada saluran tipe III, Petani menjual kepada pedagang pengumpul dengan harga Rp.3.000 per kg, pedagang pengumpul menjual kepada pedagang besar sebesar Rp.4.000 per kg dan pedagang besar menjual kepada pedagang pengecer sebesar Rp.4.500 per kg, sedangkan pedagang pengecer menjual ke konsumen seharga Rp. 5.000 per kg

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA) (Mutia Sari, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI CABAI MERAH DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (SUGIONO, 2020)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PENDAPATAN PETANI PADI DI KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Zahara Wahyuni, 2019)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN KILANG PADI BLANG WEU DI DESA LAMBUNOT KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KOMPARATIF BERAS MEDIUM CAP BULOG DAN CAP BW) (Dina Meilisa, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy