ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI SELADA KERITING DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG (STUDI PERCOBAAN DALAM POLIBAG DI DESA LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU - BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI SELADA KERITING DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG (STUDI PERCOBAAN DALAM POLIBAG DI DESA LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU - BANDA ACEH)


Pengarang

Dewi Aminah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0205102010017

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dewi Aminah, "Analisis Keuntungan Usahatani Selada Keriting Dengan Menggunakan Pupuk Kandang (Studi Percobaan Dalam Polibag di Desa Lamteumen Timur Kecamatan Jaya Baru - Banda Aceh)", dengan dosen pembimbing Ir. Nasrun Djuned sebagai pembimbing utama dan Ir. lrwan A. Kadir, M.P sebagai pembimbing kedua.Penelitian ini dilakukan di Desa Lamteumen Timur Kecamatan Jaya Baru-Banda Aceh. dengan menggunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis dosis penggunaan pupuk kandang yang dapat memberikan keuntungan maksimum. Data yang akan diperoleh adalah berat rata-rata selada keriting dari 2 ulangan dari tiap perlakuan. Perlakuan sendiri terdiri dari 18 perlakuan dan setiap perlakuan terdapat 25 polibag yang setara dengan 25 batang selada keriting.Sayuran organik merupakan usahatani tanaman sayuran yang pemeliharaannya menggunakan pupuk alami atau pupuk kandang. Bila dikonsumsi, aman bagi kesehatan. Sayuran yang dikonsumsi manusia bila pemeliharaannya menggunakan pupuk anorganik atau zat kimia lain. seperti pestisida tidak aman bagi kesehatan tubuh. Pestisida merupakan racun bagi manusia, bahkan dalam beberapa kasus pestisida bisa menyebabkan penyakit kulit, sesak nafas bahkan kanker. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pupuk kandang yang berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah dan menambah bahan organik di dalam tanah.
Dalam penelitian ini pupuk yang digunakan hanya satu macam yaitu pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi padat. Dosis pupuk kandang yang digunakan dalam penelitian ini dihitung berdasarkan konsentrasi nitrogen yang terkandung di dalamnya. Pada perlakuan 1 diberi pupuk kandang sebanyak kg/m2 dan pada perlakuan seterusnya terjadi penambahan sebanyak 0.25 kg/m2 sehingga pupuk kandang yang digunakan mencapai 6.25 kg/m2 sesuai dengan susunan perlakuan pada masing-masing polibag. Selain masalah teknis penanaman, perlu dilakukan analisis keuntungan untuk melihat berapa keuntungan yang diperoleh dari usahatani selada keriting.
Model analisis yang digunakan adalah analisis fungsi produksi Cobb Douglas dengan satu variabel bebas pupuk kandang dan analisisnya adalah sebagai berikut :Log Y = Log 0,226 + 0,2 Log atau Y = 1,6827.X02.Berdasarkan persamaan fungsi produksi Cobb Douglas tersebut diperoleh koefisien regresi yang sekaligus menunjukkan besaran elastisitas produksi (EP) adalah 0.2. Elastisitas produksi ini terletak pada daerah II yang disebut daerah rasional dimana pada daerah tersebut terdapat keuntungan maksimum. Hasil perhitungan dengan menggunakan pupuk kandang 3,75 kg/m2 didapat produksi selada keriting sebesar 2.18 kg/m2, dengan harga pupuk kandang Rp.1.750/kg dan harga selada keriting Rp. 15.000/kg maka diperoleh keuntungan maksimum sebesar Rp.9.418.5/m2.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK