//

ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP KONFLIK GAJAH DAN MANUSIA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS(SIG), (STUDI KASUS : KECAMATAN TANGSE, KABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Rahmatillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konflik gajah dan manusia menjadi masalah yang cukup serius di Aceh, setiap tahunnya konflik selalu terjadi di beberapa tempat di Aceh salah satunya kecamatan Tangse, kabupaten Pidie. Terjadinya konflik ini membuat populasi gajah semakin menurun khususnya gajah Sumatera. Gajah Sumatera merupakan jenis gajah yang dilindungi karena populasinya di ekosistem tidak begitu banyak lagi. Konflik gajah yang terjadi kemungkinan disebabkan oleh kerusakan habitat aslinya yang membuat populasi gajah terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi atau hubungan konflik yang terjadi dengan perubahan penggunaan lahan di daerah tersebut. Proses menganalisis terjadinya hubungan antara perubahan penggunaan lahan dengan konflik gajah dan manusia dilakukan dengan cara membandingkan jumlah konflik setiap tahun dari 2015 sampai 2018 dengan perubahan lahan dari tahun 2015 sampai 2018 juga. Analisis dilakukan menggunakan korelasi Rank Spearman, dimana variabel yang digunakan adalah luas setiap tipe penggunaan lahan, luas perubahan hutan menjadi area lain, dan jumlah konflik. Hasil dari analisis tersebut didapatkan bahwa luas penggunaan lahan hutan kering primer dan sekunder, permukiman, dan semak belukar memiliki korelasi dengan meningkatnya jumlah konflik yang terjadi. Kemudian luas lahan hutan yang berubah menjadi pemukiman, kebun campuran dan semak belukar memiliki korelasi dengan menigkatnya jumlah konflik. Kata Kunci: gajah, konflik gajah dan manusia, korelasi Rank Spearman, perubahan penggunaan lahan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN DAERAH RAWAN KONFLIK MANUSIA DENGAN GAJAH (STUDI KASUS: KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE) (Fadel Ariefa, 2020)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN INTENSITAS DAN FREKUENSI KONFLIK ANTARA GAJAH DENGAN MANUSIA DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT (Ratu Diana Maisurah, 2017)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

ANALISIS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KOPI (COFFEA SP) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KECAMATAN TANGSE (Mahbahgie, 2018)

PERUBAHAN GARIS PANTAI TIMUR LAUT ACEH DI KABUPATEN ACEH BESAR DAN PIDIE PADA TAHUN 2002- 2014 (Ridha Riani Zahara L, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy