SISTEM INDOOR LOCALIZATION BERBASIS WLAN DALAM PROSES EVAKUASI KORBAN RERUNTUHAN GEDUNG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

SISTEM INDOOR LOCALIZATION BERBASIS WLAN DALAM PROSES EVAKUASI KORBAN RERUNTUHAN GEDUNG


Pengarang

CUT THIFAL NAZILA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508107010043

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Informatika (S1) / PDDIKTI : 55201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kerusakan parah pada suatu bangunan dapat memerangkap korban hingga memakan korban jiwa. Dalam proses evakuasi korban, salah satu permasalahan yang timbul ialah sulitnya mendeteksi keberadaan korban di dalam suatu bangunan secara akurat. Mengingat teknologi GPS bekerja kurang baik di dalam ruangan, maka sistem indoor localization dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Sistem ini dapat memanfaatkan perangkat WLAN Access Point (AP) yang umumnya tersedia pada gedung yang memiliki jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi mobile berbasis Android untuk mengumpulkan data fingerprint dan untuk mendeteksi jumlah orang yang terjebak dalam suatu gedung menggunakan jaringan WLAN, menganalisa keakuratan titik posisi korban menggunakan algoritma Euclidean Distance (ED) berdasarkan jumlah AP, dan menganalisa fungsionalitas serta usabilitas dari aplikasi. Sistem ini merupakan suatu layanan aplikasi Android untuk mengetahui posisi suatu objek di dalam bangunan menggunakan koordinat relatif menggunakan metode fingerprinting. Metode ini mengambil data sinyal pada suatu posisi lalu membandingkannya dengan data sinyal yang telah lebih dulu dipetakan menggunakan 1 sumber AP dan 3 sumber AP dengan jarak titik pemetaan 2 meter. Perbandingan data tersebut menggunakan persamaan ED. Poin yang diuji dari penelitian ini antara lain tingkat akurasi dari hasil prediksi berdasarkan jumlah AP yang digunakan dan fungsionalitas serta usabilitas dari aplikasi. Hasil akurasi menggunakan 3 AP lebih baik dibandingkan dengan menggunakan 1 AP. Pengujian fungsionalitas menggunakan metode Black Box menghasilkan bahwa semua test case berhasil dijalankan dengan semestinya. Pengujian usabilitas dilakukan dengan menggunakan USE Questionnaire dan menghasilkan bahwa setiap aspek rata-rata menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima dengan baik, namun belum terlalu memuaskan.

Kata kunci : WLAN Positioning, Indoor Localization, Fingerprinting, Android, Pengujian Black Box, Pengujian Usability, Use Questionnaire.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK