//

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN TANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESAA TEUKLAM URA KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luciana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Luciana "Kontribusi Pendapatan Perempuan Tani Padi Sawah terhadap Pendapatan keluarga di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar" di bawah bimbingan Ibu Dr. Ir. Safrida, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. Irwan A. Kadir, M.P sebagai pembimbing kedua. Perempuan tani merupakan sosok perernpuan baik muda maupun tua yang berusaha dalam sektor pertanian. Pada umumnya mereka merupakan ibu rumah tangga petani yang bekerja mencari nafkah untuk keluarga baik di bidang usahatani padi sawah maupun usahatani lainnya. Keberadaan perempuan tani dalam mencari nafkah tersebut sebagai membantu suami. Dengan demikian peran perempuan dalam usahatani padi sawah secara tidak langsung turut membantu dalam perolehan pendapatan keluarga. Apalagi hal itu dilakukan bersamaan dengan kewajiban utama yang mereka miliki yaitu mengurus keperluan rumah tangga dan anak-anak. Curahan waktu dan tenaga yang telah diberikan perempuan tani dalam setiap kegiatan usahatani yang dijalankannya ini tidak pemah diukur berapa besar kontribusinya terhadap pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar kontribusi perempuan tani padi sawah terhadap pendapatan keluarga, dan untuk melihat pengaruh faktor sosial ekonomi perempuan tani terhadap kontribusi yang diberikannya terhadap pendapatan keluarga Objek penelitian adalah tingkat pendapatan keluarga perempuan tani. Sedangkan subjek penelitian adalab perempuao yang berprofesi scbagai petani pekerja pada usahatani padi sawah. Ruang lingkup penelitian terbatas masalah pengaruh kontribusi yang diberikan oleh perempuan tani padi sawah terhadap pendapatan keluarga.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel penelitian yang diambil adalah perempuan tani yang sudah menikah dengan besarnya sampel perempuan tani yang diambil adalah 20 persen dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi perempuan tani padi sawah terhadap pendapatan keluarga mencapai 24,61 persen. Sedangkan faktor sosial ekonomi perempuan tani berpengaruh negatif terhadap pendapatan keluarga dan faktor pendapatan suami berpengaruh nyata terhadap perempuan tani.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN TANI PADA USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LHOK KEUTAPANG KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (Ramadhan, 2014)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DALAM PENGGUNAAN KREDIT USAHA MANDIRI (KUM) DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ita Marina Jamal, 2021)

PERBEDAAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERLAKUAN USAHATANI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (IKHSAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy