//

KONTRIBUSI MANAJEMEN MAJELIS PENDIDIKAN DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Satria Zulkarnein - Personal Name

Abstrak/Catatan

KONTRIBUSI MANAJEMEN MAJELIS PENDIDIKAN DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN Oleh: Satria Zulkarnein NPM:1809200050008 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Majelis Pendidikan Nagan Raya memiliki peran sebagai lembaga independen yang berbasis masyarakat. Tugas utamanya adalah memberikan pertimbangan kepada pemerintah dalam menentukan kebijakan di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: perencanaan program, mekanisme pelaksanaan program, evaluasi program dan hambatan-hambatan yang dihadapi Majelis Pendidikan Daerah dalam memberikan kontribusi pendidikan di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ketua dan komisariat MPD Nagan Raya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) MPD telah melaksanakan tujuh program yang sesuai dengan tugas dan wewenang yang diamanahkan dalam Qanun yang berlaku. Program tersebut adalah: peninjauan Ujian Nasional; Sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan; pengawasan peningkatan mutu pendidikan daerah; sosialisasi sekolah ramah anak; sosialisasi dan pembinaan komite sekolah; seminar pendidikan dayah dan pelatihan manajemen dayah; (2) Mekanisme pelaksanaan program yang dilakukan MPD Nagan Raya dijalankan dengan manajemen yang baik yaitu dengan melaksanakan planning, organizing, actuating dan controlling; (3) Evaluasi yang dilakukan MPD Nagan Raya dilaksanakan dengan berfokus pada setiap masalah atau kesenjangan yang terjadi pada setiap program. Evaluasi dilakukan dengan dua tahap yaitu evaluasi yang dilakukan langsung setelah pelaksanaan program dan evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir tahun; dan (4) Hambatan utama yang ditemukan MPD Nagan Raya dalam memberikan kontribusi pendidikannya adalah terkait sikap Bupati Nagan Raya yang seringkali tidak menindaklanjuti sumbangsi-sumbangsi pikiran yang diberikan MPD. Di samping itu, anggaran daerah yang defisit juga menjadi masalah utama. Kata Kunci: Manajemen, Majelis Pendidikan Daerah, dan Pendidikan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRJBUSI SUB SEKTOR PERKEBUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (M.ISMAIL, 2020)

KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN NAGAN RAYA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NAGAN RAYA (T. Andriansyah, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (Muji burrahmat, 2018)

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BARANG MILIK DAERAH (SIM-BMD) PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN NAGAN RAYA (CUT PUTRI RAITAMI. TA, 2020)

PERKEMBANGAN SUKA MAKMUE MENJADI PUSAT PEMERINTAHAN KABUPATEN NAGAN RAYA, 2002-2016 (Zulhasmi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy