//

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN “KUCING DAN TIKUS” DI TK IT BAITUN NADA GAMPONG RAPANA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYIFA NISRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nisrina, Syifa. 2020. Pengembangan Kecerdasan Interpersonal melalui Permainan “Kucing dan Tikus” di TK IT Baitun Nada Gampong Rapana Kabupaten Pidie. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Saptiani, M.Pd.I Kata kunci: Kecerdasan interpersonal, permainan “kucing dan tikus”, anak usia dini Kecerdasan Interpersonal merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kemampuan anak bermain dengan teman sebaya, bersikap kooperatif, mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada. Kenyataan di lapangan ditemukan 8 orang anak yang suka berkata-kata kasar, tidak mau bekerjasama dan sulit berinteraksi dengan teman-temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kecerdasan interpersonal melalui permainan “kucing dan tikus”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal melalui permainan “kucing dan tikus” di TK IT Baitun Nada, Gampong Rapana, Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 8 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I pertemuan I anak yang belum berkembang berjumlah 3 anak, mulai berkembang berjumlah 5 anak. Pertemuan kedua yang belum berkembang berjumlah 1 anak, mulai berkembang berjumlah 5 anak, berkembang sesuai harapan berjumlah 2 anak. Siklus II pertemuan I yang mulai berkembang berjumlah 1 anak, berkembang sesuai harapan berjumlah 5 anak, berkembang sangat baik berjumlah 2 anak. Pada pertemuan kedua yang berkembang sesuai harapan berjumlah 1 anak, berkembang sangat baik berjumlah 7 anak. Kesimpulannya bahwa melalui permainan “kucing dan tikus” dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK IT Baitun Nada, Gampong Rapana, Kabupaten Pidie. Disarankan bagi guru agar dapat lebih memperhatikan kecerdasan interpersonal dan permainan “kucing dan tikus” dapat diterapkan pada pembelajaran di PAUD.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAKAH-MAKAH DI TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (Gracia Mandira, 2017)

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ULAR NAGA DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (SITI HARDIANTI, 2019)

KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI GAMPONG LAM UJONG KABUPATEN ACEH BESAR (FITRI HASANAH, 2020)

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ACEH MEUPET-PET NYET TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI TK SATU ATAP SD LAMLHEU (NURUL HAKIKI, 2019)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS DI TK IT AL-MADANI SIMEULUE (Vika Ayunita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy