//

UJI MUTU BAKSO YANG DIPERDAGANGKAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuliani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bakso merupakan suatu produk daging yang dihaluskan, dicampur dengan pati, dibentuk bulat-bulat dan dimasak dengan air panas (Tarwotjo et al., 1971). Bakso dapat dibuat dari daging ikan, seperti ikan cucut, daging sapi, daging babi, daging kelinci dan daging ayam. Bakso yang beredar umumnya dibuat dari daging sapi. Karakteristik bakso daging sapi yang disukai konsumen adalah rasanya gurih (sedang, agak asin, mempunyai rasa daging yang kuat), beraroma daging rebus, tekstur empuk dan agak kenyal, berwarna abu-abu pucat, berbentuk bulat dan berukuran sedang dengan diameter 3-5 cm.Parameter yang dianalisis adalah meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, identifikasi boraks, identifikasi formalin serta uji organoleptik (bau, rasa, warna dan tekstur). Hasil analisis akan dibandingkan dengan syarat mutu bakso berdasarkan SNI dengan menggunakan uji t-test. Uji t dilakukan untuk membedakan atau membandingkan dua macam perlakuan. Pada prinsipnya berbeda atau tidaknya dua macam perlakuan tersebut dapat diketahui dari perbandingan t hitung dan t tabel.Hasil penelitian analisis kadar air menunjukkan bahwa bakso yang terdapat pada kawasan Blower, Peunayong, Neusu, Pasar Aceh dan Darussalam diperoleh thitung< ttabel pada taraf o,os, yaitu tidak berbeda nyata artinya kita menerima Ho. Hal ini menunjukkan bahwa persen kadar air yang terkandung dalam bakso yang berada di kawasan tersebut mutunya memenuhi syarat mutu SNI. Sementara analisis kadar abu menunjukkan bahwa bakso yang terdapat pada kawasan Blower, Peunayong, dan Darussalam diperoleh thitung< ttabel pada taraf o,o5. yaitu tidak berbeda nyata artinya kita menerima Ho. Hal ini menunjukkan bahwa persen kadar abu yang terkandung dalam bakso yang berada di ketiga kawasan tersebut mutunya memenuhi syarat mutu SNI. Sedangkan hasil uji t pada kawasan Neusu menunjukkan bahwa to,o5

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI FORMALIN PADA BAKSO GORENG YANG DIJUAL DIDAERAH DARUSSALAM-BANDA ACEH (Sahlan Harahap, 2015)

PEMERIKSAAN CEMARAN FORMALIN DAN MIKROBA PADA BAKSO YANG DIJUAL DI BEBERAPA TEMPAT DI KOTA LANGSA (NURSYAFRIANI GUSNA N, 2018)

UJI MUTU BAKSO YANG DIPERDAGANGKAN DI KOTA BANDA ACEH (Yuliani, 2020)

SUBSTITUSI IKAN LUBIEM (CHANTIDERMIS MACULATA) DENGAN IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO L) DALAM PEMBUATAN BAKSO (NURAINI, 2016)

PENGETAHUAN PENJUAL DAN PEMBELI JAJANAN BAKSO GORENG TERHADAP BAHAYA FORMALIN DAN BORAKS DI LINGKUNGAN KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH (Zikra Rizfiani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy