//

EFEKTIVITAS PEMBERIAN PINJAMAN KEUANGAN MIKRO TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahrul Mirza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Zahrul Mirza dengan judul skripsi "Keefektivitas Pemberian Pinjaman Keuangan Mikro terhadap Pengembangan Usaha Kecil di Kota Banda Aceh)" di bawah bimbingan Bapak Ir. M. Nassir Hawy, M.S selaku pembimbing utama dan Bapak Ir. T. Bachtiar Usman selaku dosen pembimbing kedua. Usaha kecil merupakan sektor yang berkembang pesat di dalam kegiatan perekonomian di Kota Banda Aceh. Hal ini juga ditunjukkan oleh data pada Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku yang diciptakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ), di Kota Banda Aceh dari tahun 2002-2007 mengalami kenaikan yang sangat berarti. Perkembangan yang demikian menyiratkan bahwa usaha kecil yang pada umumnya tumbuh dari masyarakat dapat menjadi usaha yang tangguh, mandiri dan berkembang menjadi pengusaha menengah dan besar sehingga akan dapat memacu perekonomian nasional. Namun, disisi lain usaha kecil masih dihadapkan pada masalah yang mendasar, yang secara garis besar mencakup: (I). Masih sulitnya akses usaha kecil pada pasar atas produk-produk yang dihasilkan, (2). Masih lemahnya pengembangan dan penguatan usaha, dan (3). Keterbatasan akses terhadap sumber pembiayaan dari lembaga keuangan formal khususnya dari perbankan. (Partono, T.S, 2004 ). Keterbatasan akses pada sumber-sumber pembiayaan yang dihadapi para pelaku usaha kecil, terutama dari lembaga keuangan formal seperti perbankan, menyebabkan mereka bergantung pada sumber-sumber informal seperti unit simpan pinjam, koperasi dan bentuk lainnya. Sebenarnya, potensi sektor usaha kecil sangat besar dalam mengangkat perekonomian. Kenyataannya usaha kecil sering tidak memenuhi persyaratan bank, namun usaha kecil dapat maju dan berkembang melalui pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM), dimana LKM memiliki persamaan dengan perbankan yaitu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pemberian pinjaman (kredit) dari Baitul Qiradh Surya Madinah kepada Pengembangan usaha kecil di Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Berdasarkan Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Penyaluran kredit yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Mikro Baitul Qiradh Surya Madinah sangat efektif dengan melihat perubahan yang terjadi pada ROI, dari ROI sebelum/sesudah, yaitu pada sampel nomor 3 dimana ROI sebelum yaitu sebesar 23,33% hingga mencapai 40,00% sesudah pemberian pinjaman (kredit). Perubahan yang terjadi cukup besar yaitu sebesar 16,67%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL DI KOTA BANDA ACEH (STUDI PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH) (Muhammad Hidayatullah Munir, 2020)

ANALISIS PERANAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DALAM MEMBERDAYAKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Fitri, 2020)

ANALISIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA BANDA ACEH (T. Sultan Mulia Nurrahman, 2017)

KEBIJAKAN BANK SUMUT DALAM PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KEPADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PERBAUNGAN SUMATERA UTARA (Puspita Sari, 2014)

ANALISIS PENGARUH MODAL USAHA, PENDIDIKAN, DAN JAM KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHA KEPALA KELUARGA PEREMPUAN MISKIN DI KOTA BANDA ACEH (Afliza Rusda, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy