//

ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISKANDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Iskandar dengan judul skripsi "Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Sawah di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar", dengan pembimbing utama Bapak Ir M. Nassir Abdussamad, M.Si dan Bapak Dr. Ir. Fajri Jakfar, M.Sc, sebagai pembimbing Anggota. Untuk mengetahui besarnya pendapatan yang dihasilkan oleh petani padi sawah melalui usahatani padi sawah dan non usahatani padi sawah dan Untuk mengetahui besarnya pengaruh jumlah produksi padi sawah, biaya konsumsi pangan, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, dan nilai produksi padi sawah berpengaruh nyata terhadap pendapatan KKT padi sawah di Kecamatan Sukamakrnur Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di Keca.matan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Dengan ruang lingkup penelitian terbatas pada variabel biaya produksi, luas lahan, nilai produksi dan pendapatan usahatani padi sawah yang telah menghasilkan produksi dari usahataninya, usaha sampingan para petani, pola konsumsi yaitu tanggungan, dan pendidikan serta sistem pemasaran gabah atau beras yang dilakukan para petani. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah Kepala Keluarga Tani (KKT) yang mengusahakan tanaman padi sawah yang berdomisili dan usaha lain selain usahatani di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh besar. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Simple random sampling) ini dikarenakan keragaman petani yang homogen. Besarnya sampel yang dia.mbil sebagai analisis terkecil adalah 10 dari jumlah petani yang ada di desa sampel. Data yang dikumpulkan di lapangan diolah dengan cara mentabulasikan dalam bentuk tabelaris yang sesuai dengan kebutuhan analisis berikut yaitu uji keuntungan dan uji regresi linier berganda Secara serempak bahwa jumlah produksi padi sawah (X), biaya konsumsi pangan (X), tingkat pendidikan (X), jumlah tanggungan (X), dan nilai produksi padi sawah (Xs) berpengaruh nyata terhadap pendapatan KKT padi sawah di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar (Y). Secara parsial jumlah produksi padi sawah (X), tingkat pendidikan (X) dan nilai produksi padi sawah (Xs) mempunyai hubungan positif serta biaya konsumsi (X) dan jumlah tanggungan (X4) mempunyai hubungan negatif Variasi pendapatan keluarga yang dipengaruhi atau ditentukan oleh variabel bebas yaitu jumlah produksi padi, biaya konsumsi pangan, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan dan nilai produksi padi sawah cukup tinggi yaitu 81,1%, sedangkan 18,9% d.itentukan diluar model. Diharapkan kepada para petani, mampu meningkatkan pendapatan baik pendapatan usahatani maupun pendapatan non usahatani, sehingga besarnya biaya konsumsi dapat ditutupi dan mempunyai sisa untuk ditabungkan. Adanya upaya pemerintah untuk meningkatkan nilai jual gabah, sehingga petani dapat memperoleh pendapatan yang tinggi pada sektor usahatani padi sawahnya, selain usaha sampingannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DALAM PENGGUNAAN KREDIT USAHA MANDIRI (KUM) DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ita Marina Jamal, 2021)

ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA) (Mutia Sari, 2021)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH YANG MENGUSAHAKAN VARIETAS PANDAN WANGI DAN ANGKE MENGGUNAKAN METODE SRI DI GAMPONG LUTHU LAMWEU KEC. SUKA MAKMUR KAB. ACEH BESAR (Dara Angreka Soufyan, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy