ANALISIS PENDA ATAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI DESA BATEE SHOK KECAMATAN SUKA K RYA KOTA SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PENDA ATAN USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI DESA BATEE SHOK KECAMATAN SUKA K RYA KOTA SABANG


Pengarang

JULIANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0305102020053

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Juliana dengan judul Skripsi "Analisis Pendapatan Usaha Budidaya Rumput Laut Di Desa Batee Shok Kecamatao Sukakarya Kota Sabang ", dengan Pembimbing Utama Ibu Agustina Arida, SP, M.Si dan Pembimbing Kedua Bapak Ir. M. Nassir Hawy, MS.



Adapun permasaJahan daJam penelitian ini adalah berapa besar pendapatan yang diterima dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan oleb pembudidaya rum.put laut di Desa Batee Sbok Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang diterima dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan oleh pembudidaya rumput laut di Desa Batee Shok Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan bahan pertimbangan bagi usaha budidaya rumput laut tersebut dimasa yang akan datang, serta sebagai bah.an informasi bagi pemerintab dan pihak pihak yang berkepentingan.
Di Kota Sabang terdapat lima desa yang mengusahakan pembudidayaan rumput laut yaitu Balohan, Batee Shok, Ujung Sekundur, Krueng Raya clan Pasiran. Penelitian ini di lakukan di Desa Batee Sbok Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Penelitian ini dilakukan karena usaha budidaya rumput laut di Desa Batee Sbok Kecamatan Sukakarya Kota Sabang merupakan tempat pembibitan pertama dan yang memiliki produksi rumput laut yang bagus dari yang lainMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study), karena metode ini mengungkapkan suatu kebenaran yang menitik beratkan hanya pada satu objek yaitu usaha budidaya rumput laut. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Pendapatan, analisis Benefit Cost Ratio (BC Ratio), Return On Investment (ROI), dan Break Even Point (BEP}.


Usaha budidaya rumput laut di Desa Batee Shok Kecamatan Sukakarya Kota Sabang membcrikan pendapatan yang besar bagi pembudidaya dari biaya yang dikeluarkan oleh pembudidaya. Pendapatan bersih yang diterima pembudidaya sebesar Rp. 10.638.702,44,- per MT yaitu nilai penjualan rumput Jaut kering sebesar Rp.15.039.000,- per MT dan pengeluaran yang dikeluarkan sebesar Rp. 4.400.297,56,- per MT. Jumlah produksi rumput laut basah sebesar 26.730 kg per MT sehingga produksi rwnput laut kering sebesar 3.342 kg per MT. Harga rumput taut kering pada daerah penelitian adalah Rp. 4.500 per kg. Setiap penambahan sebesar Rp.1,00 akan memberikan hasil sebesar Rp. 3,42 (BC ratio = 3,42). Setiap pengeluaran 1 % biaya akan menyebabkan peningkatan keuntungan sebesar 241,77 % ( Nilai ROI = 241,77 %). Nilai BEP berdasarkan volume produksi adalah 977,84 kg. NiJai BEP berdasarkan harga produksi adalah Rp. 1.316,66 per kg.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK