//

PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BPKP KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZIKKIRULLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Simpang BPKP merupakan salah satu simpang bersinyal berlengan empat di Kota Banda Aceh yang terletak di Kecamatan Ulee Kareng. Simpang BPKP memiliki bangkitan dan tarikan tergolong tinggi dengan berbagai aktivitas masyarakat Kota Banda Aceh yang melewati simpang, sehingga membuat simpang ini memiliki tingkat volume lalu lintas yang tinggi. Secara visual, komposisi lalu lintas yang mendominasi simpang tersebut adalah sepeda motor. Oleh karena itu, diperlukan salah satu upaya untuk mengatasi arus lalu lintas pada persimpangan ini dengan dilakukannya rekayasa lalu lintas, berupa penerapan ruang henti khusus (RHK) sepeda motor pada persimpangan bersinyal. RHK merupakan salah satu fasilitas yang memberikan ruang di depan kendaraan roda empat atau lebih pada saat berhenti di pendekat simpang bersinyal selama fase merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang BPKP Kota Banda Aceh dan merencanakan Ruang Henti Khusus sesuai dengan banyaknya proporsi sepeda motor selama fase merah pada persimpangan. Penelitian ini menggunakan pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 dan Perencanaan RHK berpedoman pada Surat Edaran Kementrian PUPR nomor 52/SE/M/2015 tentang Pedoman Perencanaan RHK Sepeda Motor pada Simpang Bersinyal di Kawasan Perkotaan. Hasil pengamatan menyatakan bahwa volume puncak tertinggi yaitu 3046 smp/jam pada priode jam puncak sore pukul 17.30 -18.30 hari senin tanggal 20 April 2020. Selanjutnya hasil perhitungan kinerja simpang bersinyal diperoleh derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,40-0,67 dan tundaan simpang 61,55 det/skr. Pada penelitian ini RHK tidak dapat direncanakan pada setiap pendekat simpang dikarenakan syarat geometrik dan penumpukan sepeda motor yang tidak memenuhi untuk direncanakannya RHK pada simpang BPKP kota Banda Aceh. Kata kunci : Kinerja Simpang, Sepeda Motor, Ruang Henti Khusus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR DI SIMPANG AMD BATOH KOTA BANDA ACEH (Irmalisa Marfirrah, 2020)

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL GELANGGANG UNSYIAH AKIBAT PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (Marwah Akbar, 2020)

PENGARUH LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA RUANG HENTI KHUSUS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL JAMBO TAPE DENGAN SIMULASI MENGGUNAKAN VISSIM (MUAMMAR FAHMI, 2019)

ANALISIS JALUR KHUSUS RODA DUA PADA RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SIMPANG BERSINYAL JAMBOTAPE (Yeni Anggraini AY, 2019)

PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL SIMPANG JAMBO TAPE KOTA BANDA ACEH (Teuku Maulana Ansari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy