//

KAJIAN POTENSI TERJADINYA KLAIM PENYEDIA JASA TERHADAP PENGGUNA JASA PROYEK KONSTRUKSI DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Idial - Personal Name
SubjectCONTRUCTION WORKERS-CIVIL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Dalam penyelenggaraan proyek konstruksi, kesepakatan yang dicapai antara pihak pengguna jasa dengan pihak penyedia jasa dinyatakan dan disetujui dalam dokumen kontrak. Meski demikian, terkadang pihak penyedia jasa selama ini masih ada yang merasa dirugikan akibat hal-hal tertentu sehingga berdampak terhadap waktu, biaya dan kualitas pelaksanaan proyek konstruksi. Masalah terhadap hal-hal tersebut bisa menimbulkan klaim. Klaim bisa mengakibatkan tidak tercapainya tujuan akhir suatu proyek yang telah direncanakan sebelumnya. Selain itu kerugian-kerugian yang ditimbulkan dapat mempengaruhi hasil pekerjaan ataupun produk yang dihasilkan. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang berpotensi menimbulkan klaim dari penyedia jasa terhadap pengguna jasa dan cara-cara penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal tersebut pada penyedia jasa konstruksi gred 5, 6 dan 7 yang berdomisili di wilayah Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan metode delphi yang kemudian akan dikembangkan menjadi kuesioner untuk disebarkan kepada responden penelitian dengan menggunakan skala likert. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis validitas dan analisis reliabilitas. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai faktor-faktor yang berpotensi menimbulkan klaim dari penyedia jasa terhadap pengguna jasa dan cara-cara penyelesaiannya pada pelaksanaan proyek konstruksi. Informasi ini dapat membantu penyedia jasa meningkatkan kemampuan teknis dan manajemen untuk menemukan solusi terhadap masalah klaim pada proyek konstruksi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 12 faktor yang berpotensi terjadinya klaim penyedia jasa, faktor kondisi lapangan yang berbeda dengan kondisi kontrak merupakan faktor dengan nilai mean paling dominan yaitu 3,20. Sedangkan cara penyelesaian klaim dengan nilai mean paling dominan adalah negosiasi yaitu 3,50.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KLAIM DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Nurdianti, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KONFLIK PADA PROYEK KONSTRUKSI DI BANDA ACEH (Zahratun Nisa, 2017)

FAKTOR-FAKTOR UTAMA PENYEBAB DAN TINDAKAN KOREKSI UNTUK MEMINIMALISIR TERJADINYA KLAIM DALAM PELAKSANAAN PROYEK IRIGASI DI PROVINSI ACEH (Mahdisyah, 2016)

KAJIAN KEPUASAN PEMILIK PROYEK BERDASARKAN KUALITAS JASA KONTRAKTOR PADA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI GEDUNG DI ACEH BARAT DAYA TAHUN ANGGARAN 2013-2014. (Alfi Rizqi, 2015)

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI ANTARA PT. BERKAH SALIM PERDANA DENGAN DINAS PENDIDIKAN ACEH (SUATU PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN ASRAMA SISWA MTSS TGK. CHIK, KABUPATEN PIDIE) (Rachmad Firdaus, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy