//

ANALISIS KEUNTUNGAN DAN PROFIT MARGIN PEDAGANG BESAR DAN PEDAGANG PENGECER JERUK KEPROK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRFAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Irfan dengan judul skripsi "Analisis Keuntungan dan Profit Margin Pedagang Besar dan Pedagang Pengecer Jeruk Keprok di Kota Banda Aceh", dengan Bapak lr. M. Nasir Abdussamad. M.Si selaku pembimbing utama dan lbu Cut Faradilla, SP. M.Si selaku pembimbing kedua. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis besarnya keuntungan yang diperoleh oleh pedagang besar da:n pedagang pengecer jeruk keprok. serta untuk mengetahui bagaimana profit margin yang diterima oleh pedagang besar serta pedagang pengecer jcruk keprok di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, Populasi penelitian adalah seluruh pedagang besar dan pedagang pengecer jeruk keprok di Pasar Aceh. Pasar Keutapang dan Pasar Peunayong Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu 20% dari jumlah populasi pedagang jeruk pada masing-masing pasar sampel. Untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah diturunkan. maka digunakan metode analisis pendapatan bersih atau keuntungan. analisis return cost ratio. dan melalui pendckata:n a:nalisis margin pemasaran dan profit margin. Hasil analisis menunjukkan bahwa keuntungan rata-rata pedaga:ng besar dan pedagang pengecer jeruk keprok berturut-turut adalah Rp. 6.329.790.00 dan Rp. 564.077.38 per bu Ian dengan nilai return cost ratio berturut-turut sebesar 1.27 dan 1,07. Kedua nilai return cost ratio lebih besar dari l yang berarti bahwa pemasaran jeruk keprok yang dilakukan oleh pedagang besar dan pedagang pengecer menguntungkan dan dapat terus dijalankan. Berdasarkan analisis profit margin dan margin pemasaran diperoleh nilai margin pemasaran untuk saluran pemasaran tipe I sebesar Rp. 5.400.00 per kilogram dengan profit margin pedagang besar sebesar Rp. 1.211.28 per kiiogram dan profit margin pedagang pengecer sebesar Rp. 586.53 per kilogram. Sedngkan margin pemasaran untuk saluran pemasaran tipe II lebih rendah yaitu hanya sebesar Rp. 4.900,00 per kilogram dengan dengan profit margin pedagang besar sebesar Rp. 2.311.28 per kilogram. Tinggi rendahnya margin pemasaran dan profit margin sangat ditentukan dari panjang pendeknya saluran pemasaran yang terjadi. Semakin pendek saluran pemasaran maka semakin rendah margin pemasaran yang diperlukan dan akan menyebabkan semakin besar profit rargin yang diterima. sehingga akan lebih menguntungkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEUNTUNGAN PEDAGANG PENGECER JERUK DI KOTA BIREUEN (Rachmat Alimuddin, 2020)

ANALISIS SISTEM PEMASARAN KEDELAI DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Resi Safriani, 2021)

ANALISIS PEMASARAN IKAN MAS DI DESA JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR (Mira Handayani, 2020)

ANALISIS PENGEMBANGAN USAHATANI JERUK SIEM (CITRUS NOBILLIS VAR. MICROCARPA HOSLK) (STUDI KASUS PADA KEBUN BAPAK MUNIZAR) DI DESA DATA MAKMUR KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (Fitri Manda Sari, 2021)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN KAITANNYA DENGAN KEUNTUNGAN PEDAGANG CABAI MERAH DI KOTA BANDA ACEH (Nella Badriah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy