ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MULSA DAN PUPUK BUATAN TERHADAP PRODUKSI USAHA TANI CABAI MERAH DI DESA SAREE KECAMATA NLEMBAH SEULAWAH DI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MULSA DAN PUPUK BUATAN TERHADAP PRODUKSI USAHA TANI CABAI MERAH DI DESA SAREE KECAMATA NLEMBAH SEULAWAH DI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

DEDY AZMAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

9905102023158

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.,

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.13

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dedy Azmar, dengan judul skripsi "Analisis Efisiensi Penggunaan Mulsa Dan Pupuk Buatan Terhadap Produksi Usahatani Cabai Merah Di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Di Kabupaten Aceh Besar. Dibawah bimbingan Bapak Ir. M. Nasir Abdussamad, M.Si sebagai pembimbing utama dan lbu Cut Faradilla, SP, M.si sebagai pembimbing anggota.


Permasalahan dalam penclitian ini apakah penggunaan mulsa dan pupuk buatan sudah mencapai tingkat efisien teknis dan ekonomis terhadap produksi usahatani cabai merah dan apakah penggunaan mulsa dan pupuk buatan berpengaruh terhadap produksi usahatani cabai merah di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di Desa Saree yang terletak di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efisiensi teknis dan ekonomis penggunaan mulsa dan pupuk buat terhadap produksi usahantani cabai merah dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan mulsa dan pupuk buatan terhadap produksi usahatani cabai merah di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah petani cabai merah di Dcsa Saree Kccamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar yang mengusahakan cabai merah dengan jumlah 30 orang petani cabai merah serta luas lahan yang mencapai 97.4 Ha. Adapun mctode pcnelitian ini adalah survey. Adapun model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang di stimulasikan dalam model cobbs douglas dan rumus efisiensi.Berdasarkan hasil analisis efisiensi teknis, maka faktor pupuk Urea, pupuk TSP dan mulsa tidak efisien sehingga faktor tersebut perlu ditambahkan. Berdasarkan hasil analisis efisiensi ekonomis dan teknis, maka faktor penggunaan faktor produksi tidak efisien. Secara serempak mulsa dan pupuk buatan berpengaruh nyata terhadap penggunaan faktor produksi untuk mencapai produksi efisien dan keuntungan maksimum. Secara parsial faktor mulsa dan pupuk buatan dan berpengaruh nyata terhadap penggunaan faktor produksi untuk mencapai produksi efisien dan keuntungan maksimum.
Diharapkan kepada petani cabai merah agar lebih memperhatikan penggunaan pupuk urea, pupuk TSP dan mulsa sehingga jumlah yang digunakan memenuhi efisiensi teknis. Diharapkan kepada para petani agar lebih meningkatkan penggunaan sarana produksi yang sejalan sehingga besarnya pendapatan yang diterima akan semakin besar. Dalam artian etisien sehingga tujuan akhir dari proses produksi yaitu meningkatkan pendapatan petani dapat tercapai. Juga diperlukan partisipasi dan perhatian dari pihak yang bersangkutan, dalam hal ini Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK