//

PEMROSESAN JUMLAH DAN JENIS KENDARAAN BERDASARKAN VIDEO IMAGES (STUDI KASUS : JLN. T. NYAK ARIEF JEULINGKE, KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FURI NURUL AKLA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Permasalahan transportasi saat ini semakin rumit dan kompleks sehingga akan sangat sulit jika masih mengandalkan manajemen konvensional, maka diperlukan aplikasi teknologi informasi untuk membantu proses pengendalian lalu lintas. Salah satunya yaitu penggunaan kamera video dalam pemantauan dan pengawasan lalu lintas di jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu sistem untuk mendeteksi jumlah dan jenis kendaraan menggunakan Software Matlab Simulink berdasarkan video images. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data rekaman lalu lintas pada ruas Jalan T. Nyak Arief, Jeulingke Kota Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020. Analisis data dilakukan dengan dua metode yaitu dengan perhitungan manual dan menggunakan Software Matlab Simulink serta durasi video input yang digunakan untuk analisis antara kedua metode tersebut selama 5 menit. Hasil analisis berdasarkan perhitungan manual didapatkan data jumlah dan jenis kendaraan secara keseluruhan berjumlah 182 kendaraan, dimana jumlah kendaraan ringan/Light Vehicle (LV) 60 kendaraan, kendaraan berat/Heavy Vehicle (HV) 1 kendaraan, dan sepeda motor/Motor Cycle (MC) 121 kendaraan. Sedangkan hasil analisis berdasarkan Software Matlab Simulink didapatkan data jumlah dan jenis kendaraan secara keseluruhan berjumlah 170 kendaraan dimana jumlah kendaraan ringan/Light Vehicle (LV) 65 kendaraan, kendaraan berat/Heavy Vehicle (HV) 1 kendaraan, dan sepeda motor/Motor Cycle (MC) 104 kendaraan. Berdasarkan persamaan MAPE untuk jumlah kendaraan diperoleh persentase tingkat keakuratan hasil antara perhitungan manual dengan menggunakan Software Matlab Simulink untuk lajur 1 sebesar 99.03 %, lajur 2 sebesar 98.18% dan lajur 3 sebesar 99.30%. sedangkan untuk jenis kendaraan didapatkan persentase untuk kendaraan ringan/Light Vehicle sebesar 99.25%, untuk kendaraan berat/Heavy Vehicle (HV) 100%, dan untuk sepeda motor/Motor Cycle (MC) 98.49%. Berdasarkan hasil persentase yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa program yang dibuat menggunakan Software Matlab Simulink dapat digunakan untuk mengukur jumlah dan jenis kendaraan. Kata Kunci : Sistem Pemantauan Lalu Lintas, Jumlah Kendaraan, Jenis Kendaraan, Matlab Simulink, Mean Absolute Percentage Error (MAPE)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMROSESAN KECEPATAN DAN HEADWAY LALU LINTAS BERDASARKAN VIDEO IMAGES (Mustakim Aditiya Pratama, 2020)

KAJIAN NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JALAN PERKOTAAN T.NYAK ARIEF DI JEULINGKE KOTA BANDA ACEH (AL IMAM ASSAUQI, 2015)

ESTIMASI SIMPANAN KARBON DIOKSIDA (CO2) PADA BIOMASSA POHON DI JALUR HIJAU JALAN KOTA BANDA ACEH (Munawaratul Makhya, 2016)

: ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA RUAS JALAN T. NYAK ARIEF (SIMPANG PRADA – SIMPANG KANTOR BKKBN) KOTA BANDA ACEH (Amanda, 2016)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN DI RUAS JALAN SIMPANG LAMREUNG – DARUSSALAM (FARHAN ANWAR FUADI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy