//

MEKANISME PENYESUAIAN DIRI REMAJA KORBAN PERCERAIAN ORANG TUARN(STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WAHDINI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ADJUSTMENT (PSYCHOLOHY)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Mekanisme penyesuaian diri remaja, perceraian Perceraian dan perpisahan yang dilakukan orang tua untuk mengakhiri hubunganya menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada cara remaja berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Pentingnya penyesuaian diri ini, ketika remaja berada dalam situasi dan lingkungan yang baru demi terciptanya hubungan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyesuaian diri remaja korban perceraian orang tua terhadap lingkungannya dan apa yang akan dialami remaja yang orang tuanya bercerai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan atau melukiskan objek yang akan diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Sedangkan subjek penelitian ini adalah tujuh remaja dengan kategori usia 12/15 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan mekanisme penyesuaian diri remaja korban perceraian orang orangtua (Stusi kasus di SMP N 1 Peukan Bada) sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, mampu menerima kenyataan, penerimaan terhadap dirinya, merasa aman, bertanggung jawab atas dirinya, mampu berpikir logis, mampu mengontrol diri, memilki interaksi yang baik dengan orang lain, aktif dalam berorganisasi, tidak menghindar dari keramaian, memiliki prestasi yang baik, tidak ragu dalam bertindak serta percaya diri. Dari hasil penelitian diharapkan agar setiap remaja mampu mengatasi problematika yang muncul pada saat orangtuanya bercerai, untuk itu perceraian bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena remaja masih bisa menjalani perkembanganya sama seperti remaja lainya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA DI PESANTREN BANDA ACEH (Siti Dewi Syahrina, 2017)

PERBEDAAN KEBAHAGIAAN PADA REMAJA KORBAN PERCERAIAN DI BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Fathur Rahmi, 2015)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN STRATEGI KOPING PADA REMAJA KORBAN PERCERAIAN (NOERRISA TARTILA, 2019)

HUBUNGAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muhammad Effendy, 2014)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SANTRI MAS TGK. CHIEK OEMAR DIYAN, ACEH BESAR) (Az. Mawaddah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy