//

STUDI KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN TAMBAHAN SERAT POLYPROPYLENE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZIKRI MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas Akhir Sarjana Studi Kuat Tekan dan Kuat Lentur Beton Mutu Ultra Tinggi Menggunakan Tanah Diatomae sebagai Substitusi Semen dengan Tambahan Serat Polypropylene Zikri Maulana 1604101010112 Program Studi Sarjana Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Beton mutu ultra tinggi ialah beton dengan kekuatan tekan yang melampaui 90 MPa dan memiliki kepadatan matriks beton yang tinggi. Beton mampu memikul kuat tekan cukup tinggi, tetapi secara struktural beton juga memiliki kelemahan yaitu kekuatan tarik yang rendah dan memiliki sifat getas. Salah satu cara perbaikan dalam beton tersebut adalah dengan menambahkan serat ke dalam adukan beton atau biasa disebut dengan beton serat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kuat tekan dan kuat lentur beton mutu ultra tinggi menggunakan bubuk tanah diatomae yang telah dikalsinasi terlebih dahulu pada suhu 600oC selama 5 jam sebagai substitusi semen dengan penambahan serat polypropylene. Analisis dilakukan dengan membandingkan kuat lentur dan kuat tekan beton mutu ultra tinggi yang menggunakan penambahan serat polypropylene dengan beton mutu ultra tinggi yang tidak ditambahkan serat polypropylene. Dalam penelitian ini digunakan substitusi tanah diatomae dengan variasi 0%, 5%, 10% dari berat semen dan digunakan variasi serat polypropylene sebesar 0% ; 0,5% ; 1,0% ; 1,5% ; 2,0%; dan 2,5% dari volume beton. Penelitian dilakukan di Laboratorium Konstruksi dan Bahan Bangunan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Benda uji yang digunakan berupa prisma ukuran 40 mm × 40 mm ×160 mm sebanyak 3 benda uji untuk setiap variasi, dimana terdapat 18 variasi, sehingga total benda uji berjumlah 54 benda uji. Pengujian dilakukan pada umur beton 28 hari. Hasil pengujian menunjukkan beton mutu ultra tinggi mengalami penurunan kuat tekan seiring meningkatnya penggunaan tanah diatomae dan penambahan serat polypropylene, akan tetapi penambahan serat polypropylene ke dalam campuran beton mutu ultra tinggi meningkatkan kuat lentur beton sampai penambahan sebanyak 1,0% untuk selanjutnya menurun kembali untuk penambahan serat polypropylene 1,5%, 2,0% dan 2,5%. Kata kunci: Beton mutu ultra tinggi, tanah diatomae, serat polypropylene, kuat tekan, kuat lentur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN PENAMBAHAN SERAT POLYPROPYLENE (MAFAZI RAMADHAN AL KHAIRI, 2021)

STUDI KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN TAMBAHAN SERAT KACA (SATRIA PUTRA, 2020)

STUDI KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DENGAN TAMBAHAN SERAT KACA (Abdan Syakura, 2021)

ANALISIS KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI ADITIF DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER YANG DITAMBAHKAN SERAT POLYPROPYLENE (Edi Mardiono, 2020)

SIFAT MEKANIS BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN TANAH DIATOMAE SEBAGAI BAHAN TAMBAH MINERAL (RIFA RIZKY AYUNIZAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy