//

EFEKTIFITAS PELATIHAN BEDSIDE HANDOVER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEMERINTAH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yusrawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bedside handover merupakan salah satu cara untuk meningkatkan akurasi komunikasi saat handover sehingga perawat dapat melakukan pertukaran informasi antar perawat, melibatkan pasien dalam asuhan keperawatan, meningkatkan keamanan lingkungan pasien. Bedside handover di RSUD Pemerintah Aceh sudah dilakukan tapi belum sistematis dan optimal penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelatihan bedside handover terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Pemerintah Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pre and post test. Jumlah sampel penelitian terdiri 64 perawat pelaksana yang dipilih secara purposive sampling sesuai kriteria yang ditetapkan peneliti. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan kuesioner observasi sikap dan keterampilan. Data dianalisa dengan uji statistik parametrik, paired t-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan setelah pelatihan pada kelompok sampel yang sama. Penelitian ini telah lulus uji etik dari Komite Etik Penelitian Kesehatan RSUD dr. Zainoel Abidin dan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang bermakna secara statistik pengetahuan perawat (t-test = 3,77; p-value=0,000), sikap perawat (t-test = 8,29; p-value=0,000), dan keterampilan perawat (t-test = 11,83; p-value=0,000) setelah pelatihan bedside handover di Ruang Rawat Inap RSUD Pemerintah Aceh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan bedside handover efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat dalam pelaksanaan bedside handover di rumah sakit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PELATIHAN KREDENSIAL PROFESI KEPERAWATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PERAWAT DI RUANG RAWAT BEDAH RSUD PEMERINTAH ACEH (Asnawi, 2021)

GAMBARAN IMPLEMENTASI BEDSIDE HANDOVER ANTAR SHIFT OLEH PERAWAT PELAKSANA DIRUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Teddy Kurniady Thaher, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FASE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KETERAMPILAN DALAM PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH 2013 (CUT IRMA SUKRIA, 2014)

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN (Sri Wahyuni, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy