//

STUDI DAMPAK PROGRAM PEMBINAAN KELOMPOK WANITA TANI OLEH BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP ) ACEH TERBADAP PENDAPATAN DAN KESEMPATAN KERJA ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CHENDY ANANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kelompok wanita tani merupakan sebuah organisasi wanita tani yang merupakan wadah berkumpulnya para wanita tani untuk. saling bekerja dan berbagi informasi. Salah satu fungsi dari kelompok wanita tani adalah memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan kehidupan sosialnya. Kelompok wanita tani ini memerlukan pembinaan yang diberikan oleh instansi-instansi terkait, dalam hal ini pihak BPTP Aceh selaku instansi pemerintahan guna membantu kelompok wanita tani yang ada di Aceh. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Besar di Kecamatan Lhoknga., Darul Kamal, Kuta Baro dan Darussalam. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu Kabupaten di Aceh yang memiliki kelompok wanita tani yang cukup berhasil setelah diberikan pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pembinaan yang diberikan BPTP Aceb terhadap kelompok wanita tani di Kabupaten Aceh Besar dan melihat seberapa besar dampak pembinaan tersebut tehadap pendapatan dan kesempatan kerja anggota kelompok wanita tani. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa program pembinaan yang dilakukan oleh BPTP Aceh fokusnya untuk meningkatkan kapasitas anggota kelompok wanita tani sehingga dapat dilihat bahwa dampak terhadap pendapatan dan kesempatan kerja tidak terlalu besar/meningkat setelah adanya program pembinaan oleh BPTP Aceh. Kata Kunci: Kelompok wanita tani, Pembinaan, Kesempatan Kerja, Pendapatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUSI PENGHASILAN WANITA PADA CV. USAHA GELORA TANI DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Rahmah Caesary Nazir, 2020)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN WANITA TANI PADA USAHATANI SAYURAN SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DI KABUPATEN BIREUEN (khairunnisak, 2014)

INTERVENSI PENYULUH PERTANIAN DALAM PEMBERDAYAAN SOSIAL EKONOMI KELOMPOK TANI( STUDI DI GAMPONG PULO BLANG MANGAT KECAMATAN SYAMTARILA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA) (Putri Dian Rahmi, 2015)

PERBEDAAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI DENGAN NON KELOMPOK TANI DALAM USAHA INTENSIFIKASI TANAMAN PALAWIJA DI DESA LAMBUNOT PAYA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (DEDY ANWAR, 2021)

HUBUNGAN PEMBINAAN ANGGOTA KELOMPOK TANI TERHADAP PARTISIPASI PETANI DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN SAMAHANI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Azhari, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy