1 setiap pengeluaran sebesar Rp 1,00 maka penerimaan sebesar 1,54 sehingga industri rumah tangga emping melinjo memberi keuntungan pada pengrajin emping melinjo. Berdasarkan hasil penelitian tentang pemasaran emping melinjo menunjukkan bahwa tipe saluran pemasaran di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie ada tiga macam dan semakin pendek saluran pemasaran emping melinjo di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie maka akan menyebabkan margin pemasaran relatif tinggi dan keuntungan home industri emping melinjo lebih besar. " /> //

ANALISIS PEND APATAN DAN PEMASARAN EMPING MELINJO DI KECAMA TAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Aja Husna - Personal Name
SubjectFARM PRODUCE - MARKETING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2010

Abstrak/Catatan

CUT AJA HU SNA, " Analisis Pendapatan dan Pemasaran Emping Melinjo di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie ", dibawah bimbingan Bapak lr. Edy Marsudi M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Dr. lr. Mustafa Usman MS sebagai pembimbing kedua. Emping melinjo adalah sejenis kripik yang dibuat dari biji melinjo yang telah tua. Proses pembuatan emping tidak sulit dan dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat sederhana. Emping melinjo merupakan salah satu komoditi pengolahan basil pertanian yang memiliki nilai tinggi, baik karena barga jual yang relative tinggi maupun komoditi ekspor yang dapat mendatangkan devisa Dengan adanya Home industri emping melinjo akan meningkatkan barga melinjo sehingga dapat memberikan keuntungan antara pengrajin emping melinjo dan petani melinjo. Penelitian ini pada dasarnya menggunakan Analisis Pendapatan, Reveuneu Cost Ratio, BEP Volume Produksi, BEP Harga Produksi, dan Margin Pemasaran yaitu untuk mengetahui besarnya pendapatan bersih pada industri rumah tangga emping melinjo, untuk mengetahui keadaan usaha tersebut, apakah usaha tersebut dapat terus dijalankan atau tidak serta untuk mengetahui keadaan pemasaran emping melinjo. Berdasarkan hasil pene]itian menunjukkan bahwa usaha emping melinjo di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie layak untuk diusahakan jika ditinjau dari aspek pendapatan. Pendapatan bersih yang diterima pengrajin emping melinjo Rp 3.147.297/Bulan dengan jumlah tanggungan 4 orang. Maka besamya RIC yang diperoleh adalah 1,54 artinya nilai R/C > 1 setiap pengeluaran sebesar Rp 1,00 maka penerimaan sebesar 1,54 sehingga industri rumah tangga emping melinjo memberi keuntungan pada pengrajin emping melinjo. Berdasarkan hasil penelitian tentang pemasaran emping melinjo menunjukkan bahwa tipe saluran pemasaran di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie ada tiga macam dan semakin pendek saluran pemasaran emping melinjo di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie maka akan menyebabkan margin pemasaran relatif tinggi dan keuntungan home industri emping melinjo lebih besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PENGRAJIN EMPING MELINJO TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA DAYAH BEUREUEH KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (FAISAL HADI, 2015)

ANALISA USAHA DAN PEMASARAN EMPING MELINJO DI KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (M.yogi Royfhandi, 2019)

STUDI PRODUKSI DAN SISTEM PEMASARAN EMPING MELINJO PADA HOME INDUSTRI DI KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (DESI ERLA YUNITA, 2020)

SISTEM PEMASARAN EMPING MELINJO DI KABUPATEN PIDIE (ELDA ROZAINI, 2020)

IDENTIFIKASI TINGKAT PENDAPATAN PENGRAJIN EMPING MELINJO DI KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Zuheri Darma, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy