PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH


Pengarang

Fatimah Wati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040156

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., NULL

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Pendekatan, Contextual Teaching and Learning, Gaya Magnet, Ketuntasan Belajar

Penelitian ini berjudul Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Materi Gaya Magnet Di Kelas V SDN 33 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN 33 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning pada materi gaya magnet di kelas V SDN 33 Banda Aceh, serta untuk mengetahui keaktivan siswa dan hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Banda Aceh yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, tes serta wawancara. Sedangkan pengolahan data menggunakan rumus persentase terhadap aktivitas kegiatan siswa dan tes ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang didapat pada observasi kegiatan aktivitas siswa dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga adalah baik yaitu rata-rata 73,79%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas V SDN 33 Banda Aceh secara klasikal tergolong tuntas dengan persentase 89,65%. Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 26 dari 29 siswa dan rata-rata skor hasil belajarnya 77,75. Maka dapat disimpulkan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning hasil belajar siswa dinyatakan tuntas di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditelah ditetapkan sekolah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK