//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 02 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaliani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, jaring-jaring bangun ruang. Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two stay Two Stray memberikan dampak positif dalam pembelajaran matematika. Bangun ruang merupakan salah satu materi pokok dalam matematika. Siswa kesulitan menerima apa yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa tidak mampu membuat jaring-jaring bangun ruang. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan siswa mampu mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang di Kelas V SDN 2 Banda Aceh”, mengangkat masalah Apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mencapai ketuntasan pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SDN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring bangun melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 2 Banda Aceh. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 2 Banda Aceh, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas Vc yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes akhir. Data diolah menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n-1 = 30-1 = 29. Dari nilai tersebut diperoleh t_(0,95 (29) ) = 1,70, sehingga diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3,76 > 1,70 maka H_1 diterima dan〖 H〗_0 ditolak. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang di kelas V SDN 2 Banda Aceh dapat diterima. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pada materi jaring-jaring bangun ruang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWORNSTRAY PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANGRNDI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (WINDA YUNITA, 2014)

PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS XI SMK-SMTI NEGERI BANDA ACEH (Syarifah Raudhatun Nisak, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH (Putri Anggraini, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN RANTO PANYANG II (FEBRI SATRIA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy