PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 02 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 02 BANDA ACEH


Pengarang

Zaliani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040129

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, jaring-jaring bangun ruang.
Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two stay Two Stray memberikan dampak positif dalam pembelajaran matematika. Bangun ruang merupakan salah satu materi pokok dalam matematika. Siswa kesulitan menerima apa yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa tidak mampu membuat jaring-jaring bangun ruang. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapkan siswa mampu mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian yang berjudul “Penerapan Model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang di Kelas V SDN 2 Banda Aceh”, mengangkat masalah Apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mencapai ketuntasan pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SDN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring bangun melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 2 Banda Aceh. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 2 Banda Aceh, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas Vc yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes akhir. Data diolah menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n-1 = 30-1 = 29. Dari nilai tersebut diperoleh t_(0,95 (29) ) = 1,70, sehingga diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3,76 > 1,70 maka H_1 diterima dan? H?_0 ditolak. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang di kelas V SDN 2 Banda Aceh dapat diterima. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pada materi jaring-jaring bangun ruang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK