IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Suci Damawiyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040153

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Model Pembelajaran ARCS, Operasi Pecahan
Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) pada Materi Operasi Pecahan di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah melalui implementasi model pembelajaran ARCS siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh, 2) bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui model pembelajaran ARCS pada materi operasi pecahan, 3) bagaimanakah aktivitas siswa dalam belajar materi operasi pecahan melalui model pembelajaran ARCS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran ARCS pada materi operasi pecahan di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA SD Negeri 2 Banda Aceh sebanyak 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) tes ketuntasan belajar siswa, 2) observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, 3) observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran ARCS pada materi operasi pecahan adalah tuntas, dengan persentase klasikal adalah 86,21%. Kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui model pembelajaran ARCS berada pada kategori baik dan sangat baik dengan kriteria 3,50 ? TGK ? 4,50 dan 4,50 ? TGK ? 5,00. Demikian halnya dengan aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk dalam kategori aktif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK