Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
Suci Damawiyah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104040153
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Model Pembelajaran ARCS, Operasi Pecahan
Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) pada Materi Operasi Pecahan di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah melalui implementasi model pembelajaran ARCS siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh, 2) bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui model pembelajaran ARCS pada materi operasi pecahan, 3) bagaimanakah aktivitas siswa dalam belajar materi operasi pecahan melalui model pembelajaran ARCS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran ARCS pada materi operasi pecahan di kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA SD Negeri 2 Banda Aceh sebanyak 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) tes ketuntasan belajar siswa, 2) observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, 3) observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran ARCS pada materi operasi pecahan adalah tuntas, dengan persentase klasikal adalah 86,21%. Kemampuan guru mengelola pembelajaran melalui model pembelajaran ARCS berada pada kategori baik dan sangat baik dengan kriteria 3,50 ? TGK ? 4,50 dan 4,50 ? TGK ? 5,00. Demikian halnya dengan aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk dalam kategori aktif.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASIONAL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIRN DI MTSN TUNGKOB (yettika sari elvia, 2014)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Zulfina, 2017)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SUKAMAKMUR, ACEH BESAR. (Tri Tahirah, 2018)
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Novri Arna, 2017)