//

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN PADA MATERI PROKLAMASI RNKEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tia Rianda - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe NHT, proklamasi kemerdekaan Indonesia Penelitian yang berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh” ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa yang menunjukkan bahwa 60% masih berada di bawah nilai KKM (70). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat mencapai ketuntasan belajar siswa di atas nilai KKM pada Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh?, 2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar dan melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas Va yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Pengolahan data dianalisis dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean), kemudian untuk mengetahui data hasil belajar siswa secara klasikal diolah dengan menggunakan rumus persentase dan data aktivitas siswa diamati melalui lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh adalah 80. Secara klasikal 86,20% dapat mencapai ketuntasan belajar di atas KKM dan dalam kondisi aktif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA SISWA KELAS V SDN 20 BANDA ACEH (CUT EVA SATIFAH, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Dewiana, 2015)

KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR (Maria Ulfah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI BUENGCALA ACEH BESAR (ASNIYATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy